15 November, 2009

Rumah Dara (Macabre)

Jumat kemarin ini tgl 13 November 2009, alias Friday the 13th (kalau Jumatnya Jumat Kliwon pas bgt tuh) gw nonton film Indonesia. Jujur aja gw jarang banget ntn film Indonesia di bioskop. Tapi kali ini gw malah ngeburu2 tiketnya.

Ada beberapa alesan kenapa gw ngejar film ini. Film ini merupakan opening movie Indonesia Internatioan Fantastic Film Festval atau iNAFFF 2009 (baca/klik : iNAFFF). Uniknya film ini uda diputer dibeberapa negara seperti di Singapura, Amerika Utara, Korea. Hebatnya, film ini juga dapat pengharagan, seperti Shareefa Danish memenangkan penghargaan pemain wanita terbaik di Puchon Internationa Fantastic Film Festival 2009.

Kalau buat gw sih ini film sebenernya tentang perjuangan seorang Ibu yang mendidik ketiga anaknya agar bisa menglangsungi kehidupan mereka. Sang ibu yang mengajarkan ketiga anaknya melestarikan kebudayaan yang dianutnya. Suatu kebudayaan yang sudah sangat jarang dianut. Kalau dilihat, Ibu ini juga sangat pintar karena dia tau rahasia untuk panjang umur dan awet muda. Juga punya keahlian memasak yang hebat. Walaupun terlihat dingin, Ibu ini mempunyai suatu keahlian seni yang tinggi, dimana bila orang2 biasanya akan melakukan sembarangan tapi ditangan si Ibu dapat terlahir suatu keindahan sempurna. Orang akan terpukau oleh pelajaran2 yang diajaran Ibu ini ke anak2nya. Ga salah juga kalau penonton yang merasakan gemas melihat si Ibu yang merupakan tokoh sentral film ini.

Sang Ibu inilah yang diperankan oleh Shareefa Danish, yang biasa memarankan gadis lugu dan lucu di Coffee Bean Show (Trans Tv). Wajar kalau dia menang sebagai artis terbaik karena difilm ini dia tampil 180 derajat berbeda dapat memerankan sosok sang Ibu dengan sempurna. Sayangnya ada beberapa tokoh yang terlihat overacting difilm ini. Untung saja jalinan cerita yang berbeda dari film2 Indonesia pada umunya dapat menutupi kekurangan2 yang ada difilm ini. Untuk efek yang dihasilkan, gw bisa bilang untuk ukuran film Indonesia bagus banget. Ga salah juga kalau Mo Brothers (sang sutradara) mengatakan kalau film ini mahal dan susah dibuatnya.

Penasaran dengan film ini? Nonton deh. Gw rekomendasikan untuk ditonton. Tapi harus sabar ya karena film ini br di putar di indonesia tanggal 22 Januari 2010.


Macabre = mengerikan, menakutkan (eng.)

9 comments:

aguessty said...

asal macabrenya engga kebangetan sih gw tonton......jangan kayak meat grender aja....:) tapi masih lama banget yaa......

Arman said...

wah keliatanya menarik ya...
thx for the info.

Sang Cerpenis bercerita said...

makasih repiunya tapi ogut ndak suka nonton nih. hehehhe

Batz said...

Film yang menarik..semoga ini menjadi film yang berbobot ya..soalnya film-2 indo yang kebanyakan diputar dibioskop jalan ceritanya gak nyambung n berisi komedi-2 berbau dewasa..

Anonymous said...

doohh..kok nda ngajak seeeh...penasaran pengen liat sharefaa yg dapat best actress...biasa nya kan doi maen komedi....bagus ya acting nya ?
mosok kudu nunggu taon depan ?
taruhan di FFI 2009 dapet piala gak...biasa nya selera juri indonesia melewatkan genre yang kayak gini....kecuali tahun kemaren sama film nya Mouly Surya..duh apa tu judulnya ?

mira said...

horor indonesia yang lumayan berisi ya.. belom nonton, tapi review nya bagus2,.

ocheholic said...

jadi kangen XXI,,huhuhu
dsini bioskop mahal soalnya T_T
(dan hanya puas liat streaming)

di indonesia lagi pada ribut antri 2012 yah,,
padahal kan masih ada 2013 2014 2015 dst,,kok rebutan yah,,hehehehhe

pelangi anak said...

SAYA SERINGE NONTON DI TV ATAU KOMPUTER SAJA, DAN LEBIH SERING FILM BARAT KETIMBANG YANG DALAM NEGERI, KARENA PINGIN CEPAT BELAKAR BAHASA IGGRIS HEHHEHH...

TERUS TERANG, SETELAH PINDAH KE JOGJA SAYA BELUM PERNAH NONTON BIOSKOP, TAPI ENTAR KALAU DAH AGAK SENGGANG PINGIN NONTON 2012, KALAU LIHAT THRILLER NYA DI YOUTUBE SEPERTINYA MENARIK SEKALI VISUALISASINYA, EFEKNYA BAGUS SEKALI.

HORE DAPAT KOSA-KATA BARU NEH, MACABRE/GHASTLY/GRUESOME/SERAM/MENAKUTKAN/MENGERIKAN....TRIMS!

ziq zaq said...

mau nonton jadinya nih