28 November, 2009

Soto Mama

‘Elo ga nyate?’ Entah berapa kali gw ditanya ama ky gitu kmrn. Mungkin untuk beberapa orang Idul Adha Identik dengan buat sate. Tapi setau gw emang ga ada masakan khusus di Idul Adha, ga kaya Idul Fitri yang semuanya bikin ketupat. Kalau dirumah gw, setiap Idul adha nyokap gw pasti deh buat soto Padang. Karena bokap n nyokap gw tiap tiap Idul Fitri selalu di kampung (baca/klik: Rahmat Ramadhan), jadi kl Idul Adha nyokap pasti nyiapin secara khusus. Buat bikin soto Padang ini aja nyokap uda nyiapin dr 2 hari yg lalu. Soto ini andalan nyokap gw. Semua sodara gw selalu bilang enak dan kalau ada acara2 keluarga nyokap sering diminta buat soto ini. Soto ini jg lah yg sering ngebuat sodara2 gw dteng ke rmh pas Idul Adha.

Sebenernya sih soto nyokap gw biasa aja. Ga ada bahan baku yg istimewa. Hanya saja semua bumbunya dibanyakin jd benar2 lebih berasa. Oiya…nyokap selalu make tulang2 besar agar dapat sumsumnya. Sumsum ini yang bikin kuah sotonya jd enak tenan. Trus untuk dagingnya juga diiris2 tebal. Perkedelnya juga kentangnya ditumbuk ampe bnr2 ancur semuanya tp pas kl uda mateng pas dipotong perkedelnya ga ancur. Bawang gorengnya pun harus bawang goreng yang fresh biar brasa kriuknya.Inget ya..karena bumbu2nya emang banyak, bhuat yang ga suka pedes harus dibilang jangan pake sambel karena kuahnya uda berasa pedes. Tapi jangan kuatir walaupun brasa pedes tp tetep enak. Mau coba ?



Tx mom 4 delicious soto

6 comments:

Aulawi Ahmad said...

wah soto betawi ya bro.....hmmm pasti enak tuh, met idul adha ye :)

aguessty said...

wah kayaknya enak tuh......soto padang enaknya dagingnya kriuk2 trus kapulaga ma anisstar/bunga lawang nya emang harus berasa.....kangen euy ma masakan sendiri hehehehe

Sang Cerpenis bercerita said...

ngiler dot com ni

ikkyu_san a.k.a imelda said...

aduuuuh mauuuuuuu
mau coba
aku suka segala yang berkuah
dan segala yang terbuat dari kanji
hiks
laperrrr

EM

Batz said...

huaa...dagingnya tebal..ada perkedelnya..ngiler jadinya..mau mau mau...

wanda said...

maooooooooo donkkkk
masakan indonesia favorite gw terutama yang berkuah "soto"
bungkusin deh buat gw kalo nyokap bikin lagi hehehehe.....