20 October, 2009

Mooncake

Beberapa waktu yang lalu temen gw baru kembali di Guangzhou, China setelah sebulan disana. Dia ngebawain gw oleh-oleh mooncake. Seinget gw, gw pernah makan panganan khas China ini. Tapi kok setelah gw lihat, gw rasa dan gw makan (iya lah, namanya jg makanan) gw jd ragu apa gw emang pernah makan sebelumnya atau belum. Tapi kata temen gw mgkn emang gw pernah makan, tp mooncake-mooncake_an alias aspal. Gw jg ga ngerti jg sih.
Tapi yang jelas mooncake yg gw dapat ini emang asli dari China. Kue ini dibungkus kotak dengan lengkungan diatasnya. Kotak berwarna hijau dengan ornamen China ini keren juga. Gw sampai hati2 ngebukanya biar ga rusak kotaknya. Didalamnya ternyata kuenya masih dibungkus plastik bening. Biarpun kuenya berbentuk bulat (namanya juga kue bulan) tp wadahnya ternyata berbentuk kotak seperti bungkusnya.

Mooncake ini terdiri dari tiga lapis. Lapisan terluar yang merupakan kulitnya, berwaran coklat mengkilap dan berukiran khas China. Rasanya seperti kacang tanah dan tidak terlalu manis seperti yg gw kira. Di dalamnya terdapat lapisan hijau pandan. Dari warnanya gw kirain akan berasa pandan, tapi ternyata rasanya seperti kacang hijau. Karena gw suka banget ama kacang hijau, otomatis gw suka ama lapisan ini. Ditengah-tengah kue ini ada bulatan padat berwarna kuning. Setelah gw rasain ternyata ini adalah kuning telor. Persis seperti kuning telor asin hanyanya saja lebih padat dan keras.
Kebayang dong cita rasa panganan khas China ini?


Tx ya men atas oleh-olehnya, akhirnya gw bs ngerasain the real mooncake

5 comments:

aurora said...

wah, jadi ngiler nih, kayaknya enak.... apalagi, asli, original, imporan dari china... sisain dong bang....

NB: kotaknya boleh buat saya???

heftymonk said...

ngg... maaf. tapi tulisanmu kebanyakan kata 'tapi' :(

Si Ker Put said...

mmhh kalo di jkt gue baru mooncakenya mulia... yg di samudra juga enak tuh... gueprefer yang nggak pake kuning telor.. n ada yang "snow"alias enak dimakan kalo dingin.. yummy...

Anonymous said...

nah bentar lagi imlek...feb 2010...biasanya gw suka dapet tuh...yang lo sebutin dah pernah gw coba,,even yg ada telor asin nya...but be careful...ada yg pake kandungan minyak babi...kebetulan yg pernah gw makan ga ada B2 nya..menurut yg ngasih ( orang taiwan)...tapi tu juga kalo dia ga boongin gue..he he...ntar kalo dapet i bagi u dehh

Sang Cerpenis bercerita said...

tapi kalo yg ada telornya aku kurang suka.