25 October, 2009

N.A.M.A

Seorang teman baru gw td minta ijin untuk memanggil gw dengan nama nickname gw. Hal ini karena cewe ini rada cadel sehingga susah nyebut nama gw dan dia juga sangsi ama nama asli gw. Whats wrong with my name???
Nama gw EXORT. Exort Wirizal
Yup, dengan X dan R yang nempel langsung ke T. Dan gw 100% orang Indonesia.
Please jangan tanya arti nama gw. Selain karena memang ga ada artinya (ga tau jg deh kenapa orang tua gw ngasih nama kaya gitu, papa cuma mau ngasih nama gw yg beda dr yg laennya aja), gw juga cape aja ditanyain kaya gitu. Bayangin aja dari gw kecil sampe sekarang, setiap kali gw masuk ke komunitas baru (baik itu sekolah, les, kerja dan sejenisnya)
Sebenernya bukan cuma ditanyain artinya aja yg bikin gw bete tp kalau orang salah melafalkan nama gw juga bikin bete. Kadang ada yang nyebut esor, ekspor, eko (dan yg bikin gw marah) ekor. Bikin keselkan, nama keren gitu kok ga bisa melafalkannya. karena sering orang salah menyebutkan nama gw, jdinya gw kalau nunggu antrian yang dipanggil namanya harus ekstra hati-hati. Harus bener2 menyimak nama2 yang dipanggil. Bisa2 gw kelewatan antrian cuma gara2 yang manggil nyebut nama nama gw dengan salah dan gw ga ngeh. Lebih ngeselin lagi kalau gw telp ke callcenter (selular atau kartukredit) yang harus menyebutkan nama gw. Sering banget gw harus berulang kali nyebutin nama gw biar si agent callcenternya bs nyebut nama gw dengan benar. Dan tidak lupa pula untuk mengeja huruf demi huruf agar ga salah nulis. Ini pula lah yang bikin malas kalau gw disuruh ngedaftar secara telpon.
Selain punya nama yang unik, gw jg punya beberapa nama panggilan. Kakak gw dulu keranjingan dengerin sandiwara radio Catatan si Boy dan baca novel Lupus. Jadinya waktu kecil, gw kadang dipanggil Boy n kadang dipanggil Boim. Tapi seiring berjalannya waktu, gw lebih sering dipanggil Boim sampe skrg drpd nama gw sendiri.
Waktu kuliah, temen2 gw manggil gw dengan nama Mel (backgroundnya panjang, jadi mending ga usah diceritiain deh). Kalau mereka lagi kesel gw dipanggil Comeeeelllllll (hehehe) tp kalau para cewe lagi ada butuhnya ama gw, gw dipanggil dengan panggilan manja Meli (hehehe…). Tanpa gw sadari nama Mel sendiri uda diketahui kemana-mana termasuk ke staf admin dan dosen2 gw. Bahkan ada dosen gw yang nyangka kalau Exort dan Mel itu adalah 2 orang yang berbeda. Dan hebatnya lagi dia sangka kalau Exort itu pemalas dan jarang kuliah jadinya jarang kelihatan dikampus, beda ama Mel yang sering nongol dikampus. Hehehe serasa punya 2 kepribadian. Pernah ada satu waktu ketika gw lagi ngajar (ehm…gini2 pernah jadi asisten jg loh) dan nulis di whiteboard, tiba-tiba dosen yang gw asistenin manggil-manggil gw dr belakang kelas dengan nama asli gw. Gw santai aja tetep nulis. Tapi pas dia manggil Mel, dengan spontan gw nengok.
Waktu gw masuk kerja. Kebetulan gw masuk bersamaan dengan seorang cewe. Jadi kalau ada apa2 kita selalu ngurus bersamaan. Nah temen cewe gw ini, orangnya yang aga2 manja gitu. Karena ada suatu sistem dikantor gw bernama ocot, ntah mengapa dia menghubungkan kenama gw n jadilah gw dipanggil dengan nama Ecot. Gara2 dia, di unit gw ini dikenal dengan nama Ecot sampai sekarang. Setelah beberapa lama, gw pindah ke unit lain, pisah dengan temen gw itu. Awalnya disini gw dipanggil dengan nama Exort. Tapi itu ga bertahan lama karena gw mendapatkan nickname baru, yaitu Popo. Ini karena gw n salah satu temen cw gw sering menyanyikan secara duet lagunya KD dan Anang. Jadilah kita disebut Popo dan Momo ngikutin KD dan Anang (Pipi dan Mimi…eh mrk uda cerai, pasti uda ga manggil Pipi Mimi lg deh). Entah mengapa temen gw ini ga trus dipanggil Momo. Gw aja yg sampai sekarang dipanggil Popo. Bahkan pas training yang seharusnya formal, gw tetep aja dipanggil oleh trainernya dengan nama Popo. Dan sepertinya nama ini mulai menyebar kemana2.
Sebetulnya masih byk lg nickname gw. Tp gw menemukan keuntungan dr punya bbrp nama. Dengan nama nickname yg berbeda2 gw jd gampang mengetahui siapa aja yg sms atau telp gw bila nmrnya tidak terdaftar dilist hp gw dengan melihat nama panggilan gw.
Tapi biar sebanyak apapun nickname gw, gw tetap bangga dengan nama asli gw yaitu EXORT (eksort; e seperti pada enak dan huruf r disebut pendek tegas yang dihentikan dengan huruf t).


What's in a name? (William Shakespeare)

8 comments:

aguessty said...

exort......exort......gw udah mulai terbisa manggil exort.......walau agak2 susah......:)

neng rara said...

assalamualaikum...
saya panggil apa ya bang?
mel? ecot atau popo ? ato bang exort aja deh...
salam

heftymonk said...

oooo.. jadi begitu kisahnya. gimana kalo sekarang dipanggil excot aja?

Si Ker Put said...

emang susah sih namalo.. pertama kali kenal aja gue pengen liat KTP lo... panggilnya Ex aja deh..

Sang Cerpenis bercerita said...

byk amat nama panggilannya. jadi enaknya manggil apa ya?

Anonymous said...

yang pasti panggilan sayang gue ama elo kan ada,,,,sejak pertama kenal...jadi ga masalah juga ga bisa nyebut nama elo dengan baik dan benar..toh komunikasi tetep jalan...ya ngga ?

Sang Cerpenis bercerita said...

ah, lupa aku ada artikel ttg nama. kalo aku lebih suka manggil kamu Ex. boleh gak? atau Rizal? krn dari Wirizal?

arqu3fiq said...

Keren namanya, sumpah gak ada yang nyamain di Indonesia ini. Kenapa gak pake alamat exort.blogspot.com aja, jadi orang kalau search nama loe pasti jadi urutan pertama di Google (kalau search pake google loh)Hehehehe....

Sekali lagi, keren namanya. Unik.
Salam kenal dari bloger Surabaya.