03 July, 2011

Serdadu Mandau di Mirrorlesscam.com


Gw adalah pengguna kamera Olympus E-PL1 dengan lensa M.Zuiko 14-42 dan ED 40-150. Untuk sebagian besar penggemar fotografi pasti jarang mendengar jenis kamera yang gw pakai. Hal ini mungkin dikarena kamera gw ini memakai system yg tidak lazin dipakai oleh orang (fotografer) banyak. Sistem micro 4/3 ini yang dianut kamera gw ini membuat kamera gw menjadi berukuran kecil. Sederhananya system micro 4/3 ini membuang R pada kamera DSLR sehingga kamera gw tidak mempunya lobang intip seperti kamera-kemara besar.

my E-PL1

Pada awal gw memakai kamera ini, sempat ada rasa minder juga karena orang-orang pada memakai kamera DSLR yang besar-besar sedangkan gw kameranya kecil. Sepertinya yang menggunakan kamera jenis ini hanyalah gw sendirian. Baru setelah enam bulan gw memakai kamera ini, gw ngelihat orang menggunakan kamera yang sama dengan gw. Mulailah gw grasak grusuk mencari-cari siapa aja yang memakai kamrea gw.

Dari FB gw menemukan KOPI atau Komunitas Olympus Pen Indonesia. Di situ terlihat ternyata mengguna kamera yang sama dengan gw ini tidak sedkit. Seiring dengan perjalanan waktu gw pun menemukan situs  Mirrorlesscam.com.

Mirrorlesscam.com ini merupakan situs tempat berkumpulnya penggemar fotografi digital selain DSLR/SLR. Mirrorlesscam.com ini dibuat karena bertambahnya penggemar kamera tanpa lobang intip ini.  Dari sinilah pengetahuan gw mengenai kamera gw bertambah. Ternyata jenis kamera yang setipe yang gw punya ada banyak. Penggunanya juga banyak yang merupakan fotografer professional.

Di Mirrorlesscam.com ini selain membagi pengetahuan seputar kamera tanpa lobang intip, juga terdapat galeri tempat memamerkan foto karya anggotanya. Seluruh karya yang masuk ini dinilai oleh Mirrorlesscam.com. Bila dinilai bagus, foto tersebut akan dimasukan di kotak direkomendasi. Semakin lama foto itu di kotak direkomendasi berarti semakin bagus. 

Gw sebagai anggotanya tergelitik juga untuk memasukan foto-foto gw. Sekedar menunjukan aktivasi anggota saja. Sehari setelah Jakarnaval 2011, gw memasukan 2 foto ke Mirrorlesscam.com. Tak dinyana ternyata salah satu foto gw itu masuk ke kotak direkomendasi. Mendadak sontak gw kegirangan. Gw sama sekali ga menyangka kalau foto gw akan terpilih. Apalah artinya gw dibandingkan anggota lainnya yang para fotografer professional handal. Dan sampai saat ini setelah seminggu foto gw itu masih aja nangkring di kotak direkomendasi.

Printscreen Serdadu Mandau di recomended box
 
Dan ini lah foto gw yang direkomendasikan.

Serdadu Mandau



Ada perasaan bangga tersendiri bila karya kita diapresiasi oleh para ahlinya.

12 comments:

Arman said...

pengeeennn banget punya dslr.... :D

Ellious Grinsant said...

hahaha, fotonya emang bagus mas, dan emang bener ada perasaan bangga ketika karya kita diapresiasi sama ahlinya...

Aulawi Ahmad said...

jadi klu moto gak ada style ngintip ye, sama kyk kamera poket biasa tggl liat layar hmmmm, btw hasil jepretanmu keren, expressi yg terpancar buat spt foto yg bicara :)

mila said...

gw ga ngerti sama sekali soal fotografi, tapi menurut gw foto lu keren bangeeeettt...
dapet dimana tuh serdadu mandau nya?

cipu said...

Keren, salut gua sama lu Xort.

Btw, foto gua sama Ocha lu masukin juga gak?

Sang Cerpenis bercerita said...

aku gak ngerti kamera tapi suka heran aja liat orang bawa kamera besar2 kalo lagi traveling. bikin berat dan gak praktis. Tapi mungkin hasilnya lebih oke kali ya kalo pake kamera yg super duper lengkap dan canggih gitu

3sna said...

memang hobby motret itu bisa menenangkan jiwa, dunia penuh warna apalagi ada yang menghargai karya kita :D btw... thanks atas infonya ya mirrolescam.com ngumpul bareng photographer lainnya :D

exort said...

@arman: beli lah

@ellious: tx ya

@aulawi: mmm yaa mirip2 gitu lah

@mila: di monas waktu jakarnaval

@cipu: uda pasti tidak dong heheheh

@fanny: tergantung orgnya bisa makenya apa ga

@3sna: sama2

tukangpoto said...

Selamat atas fotonya yang masuk rekomendasi,mas..keren!
Oh ya Samsung juga ngeluarin kamera hybrid begitu mas, tipenya Samsung NX10. It's good to be different :D

Ajeng Sari Rahayu said...

Oke, gw nggak ngerti sih letak bagusnya sebuah foto itu di mananya. tapi serdadu mandau hasil foto lw emang keren Xort. kapan gw punya kamera kayak punya lw, minimal adeknya juga gpp :D

Ra said...

wah, kameranya keren juga. baru tau saya ada kamera yang begitu, dan ternyata banyak pula fotografer pro yang make...

Meutia Halida Khairani said...

hal2 kecil yg lo buat, seperti nge-twit fiksimini dan upload foto serdadu mandau, dpt apresiasi dr ahlinya. mantap yaaa