08 August, 2010

Kamir

Beberapa hari yang lalu gw sempat melihat orang yang menjual pangan seperti dorayaki. Rasa penasaran timbul di diri gw karena baru sekali liat pangan seperti itu dijual dipinggir jalan. Karena saat itu gw lagi ingin beli sesuatu maka gw putusin pas pulang aja gw baru beli panganan itu. Sayangnya pas gw pulang panganan yang dijual digerobak itu tiba-tiba menghilang.

Kemarin ini saat gw ke kantor, tiba-tiba gw ngelihat orang jualan itu. Langsung aja tanpa ragu ragu lagi gw membelinya dan mencicipinya.

Kamir

Panganan itu ternyata bernama Kamir. Kamir ini ternyata makanan tradisional Pemalang. Gw terheran-heran aja mendengar namanya yang ga sinkron dengan asalnya. Kamir jelas bukan nama yang berasal dari Jawa. Usut punya usut ternyata Kamir ini sebenarnya panganan asal Arab dan sering dibuat oleh orang-orang keturunan Arab di Pemalang.

Harganya cukup murah. 2 kue dihargai Rp. 2500. Dari bentuknya memang seperti dorayaki tp lebih kasar saja. Rasanya juga lebih manis dari dorayaki. Gw sempat ngerasain suatu rasa yang sepertinya gw tau tapi gw bingung rasa dari apa. Pas gw tanya ternyata rasa itu berasal dari pisang ambon. Wah unik nih panganannya. Kamir ini juga mengenyangkan, makan satu saja sudah lumayan bikin kenyang. Lumayan juga buat sarapan atau pengganjal perut. Waduh jadi pingin makan Kamir lagi. Mau nyari lagi ah….


Lestarikan makanan daerah

13 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

hmm..kayaknya memang ngeyangin banget ya.

minomino said...

kamir itu yang lembut2 itu kan dalemnya? tapi kok pisang ambon ya...atau kamir yg saya cobain kamir yg beda lagi :p ah,yg penting enak ya :D

andri said...

kok aneh ya bentuknya?gw pikir kaya serabi pecah (carabikang)....

Aulawi Ahmad said...

baru tau gue ada roti kasmir hehe, diplembang lom ada kayaknye :)

Arman said...

belum pernah denger makanan namanya kamir...

ini ada di jakarta gitu? kok gak pernah liat ya...

Call me Batz said...

keliatannya empuk ya.. jadi selera..disini ntah ada yang jual gak ya? haha

Seiri Hanako said...

makanan karbohidrat tingi dong

Seiri suka

suka yang manis-manis

Sang Cerpenis bercerita said...

met malam..

exort said...

@fanny : tul banget

@mino : teksturnya agak kasar sih tp mgkn sama kok

@andri : kl liat langsung ga aneh kok

@arman : gw jg baru liat kok, kaya ya makanan ini baru masuk Jakarta

@surya : coba cari diperkampungan arab deh

@seiri : yup, pasti elo suka banget deh

cipu said...

bisa dikirimin ke Melbourne tak? :p

merry go round said...

Bawain ke kantor gw doooong ;)

Meutia Halida Khairani said...

wew, sama sekali ga pernah liat apalagi mencicipi.. di jkt dmn nya yah?

exort said...

@cipu : gw aja yg dikirim gimana?

@rossa : sip kapan

@meutia : dibelakang kantor gw tuh