17 January, 2011

Blogger For Safety Riding : Dilarang Merokok Sambil Mengemudi


Diperagakan oleh model

Pernah lihat adegan seperti foto yang diatas? Pasti pernah, apalagi bagi pengendara motor. Bahkan mungkin pernah melakukannya juga. Memang mungkin bagi perokok, mengendarai kendaraan sambil merokok mempunyai sensasi sendiri. Selain dapat menghilangkan asam dimulut, merokok juga dapat mengurangi kebosanan mengahadapi perjalanan yang panjang (dan macet). Ada pula yang berpendapat kalau merokok dapat menghilangan kantuk sehingga dapat membantu fokus kejalanan. Tapi sadarkah kalau merokok sambil mengendarai kendaraan (khususnya motor) adalah sangat berbahaya?

Kendaraan (khususnya motor) dirancang untuk dikemudikan dengan kedua tangan. Saat perokok sedang menghisap rokoknya otomatis setir hanya dipegang oleh satu tangan saja. Ini jelas-jelas sangat berbahaya. Bila terjadi sesuatu dijalan tentunya si pengedara akan sulit mengedalikan kendaraannya. Keadaan seperti ini bahkan dapat berakibat fatal. Lihat saja kisah pak Tarso yang meninggal akibat merokok sambil bermotor(baca selengkapnya disini).

Dalam suatu penelitian (silahkan baca disini), nikotin dari dua batang rokok dapat meningkatkan keawasan dalam mengerem dan keakuratan dalam mengemudi. Tapi harus diingat juga kalau merokok merupakan salah satu distraksi atau pemecah konsentrasi pengemudi. Distraksi sendiri merupakan penyebab kecelakaan lalu lintas terbesar. Jadi jelas manfaat merokok ternyata tidak dapat menutupi bahaya yang dapat ditimbulkannya.

Selain dari itu ternyata merokok sambil mengendarai juga dapat membahayakan pengguna jalan yang lain. Abu rokok atau bara rokok yang tertiup angin bila mengenai pengendara lainnya yang dapat berakibat fatal juga. Kebiasaan membuang puntung rokok dijalanpun dapat membuat jalanan menjadi kotor.

Walaupun belum ada data statistik yang pasti mengenai kecelakaan lalu lintas akibat merokok di Indonesia, ada baiknya pemerintah dengan tegas mengeluarkan peraturan larangan mengendarai sambil merokok.

Harap diingat sefety riding tidak hanya sebatas memakai sabuk pengaman atau helm yang dapat melindungi si pengemudi. Tapi safety riding juga meliputi etika berkendara sehingga tidak membahayakan dan merugikan pengguna jalan lainnya.


Cara mengemudi menunjukan kedewasaan si pengemudi.

24 comments:

Neng Rara said...

assalamualaikum..
setuju bang, tuh yang merokok kalau mau merokok ya berhenti dulu ke. ke pinggir jalan. "atau berhenti sama sekali merokoknya".
salam

Sang Cerpenis bercerita said...

jangankan y g merokok. yg mainan hape juga sering tuh. sambil nyetir terima telpon...duh duh..

tukangpoto said...

Kalo menurut saya sebaiknya sih jangan merokok sama sekali..lebih sehat,mas. Semoga sukses di kompetisinya ya..

Meutia Halida Khairani said...

gw pernah liat tuh orang nyetir motor sambil ngerokok. menurut gw belagu bgt deh tu orang.
semoga menang ya kompetisinya

Manajemen Emosi said...

mmmmm merokok dikendaraan juga berbahaya yo mas he he he tak follower deh..biar tambah akrab he heh e

Aulawi Ahmad said...

ane perokok n sering gitu klu lagi nyante hehe, tapi skrg dah gak soalnya syg ama rokoknya hehehe, btw emang itu bhy banget apalagi klu pake motor matic :) kompetisi toh ini? moga menang deh jgn lupa bagi2 hadiahnya hehe

Arman said...

jadi inget kapan itu pernah 2 hari berturut2 ketemu orang gila nyetir mobil. pas banget 2 hari itu mobilnya ada di depan mobil gua pas gua berangkat kantor. sampe kesel gua di belakangnya soalnya itu orang nyetirnya udah pelan gak karuan pula.

ternyata ya yang nyetir itu cewek, dengan satu tangan pegang rokok, tangan lainnya lagi sms di hp! gila gak... jadi lengannya yang dipake buat nyetir. kaco banget gak sih... :P

Seiri Hanako said...

banyangin aje

naik motor filter
ngisap rokok matic

aguessty said...

thanks banget info nya bang.......

m_thohir said...

benar mas.. persoalan kecil spt merokok sambil berkendara pun sungguh bs mengancam nyawa...
sy jd ingat, tetangga saya, pakai motor lewat kampung.. kan pakai helm teropong, terus dianggat dikit ujung bawahnya ke atas shg tampak sebagian mukanya.. nah saat itulah dia merokok... tiba2 di jalnan kampung itu ada anak nyelonong lewat.. dan dia pun sonta mengerm spd motornya mendadak.. namun apa yg terjadi? helemnya yg terangkat sebagian td turun kembali menutupi wajahnya..sementara rokok masih menyala.. alhasil, rokoknya jd menyulut pipi dan kumisnya smp gosong2.. he he he...
yah gitu aja, smg mas sukses di kontes blognya..amin
ditunggu kunjungan & komentar baliknya

Penghuni 60 said...

iya tuh makin byk aja saya temuin pengemudi smbil ngrokok

exort said...

@neng rara: walaikumsalam, tul mending jgn ngerokok sama sekali

@fanny: hp jg salah satu distraksi pengemudi

@tukangfoto: yuk hidup sehat

@meutia: makasi ya

@neyna: sebenernya merokok dimana2 itu berbahaya

@aulawi: bagus deh kl ga ngerokok lagi, tx bro

@arman: ini cewe gila bin edan

@seiri: jgn dibayangin, apalagi dilakuin

@agus: sip

@m_tohir: serem banget, tx ya, segera meluncur kesana

@penghuni60: semoga mereka sadar

genial said...

iia bener mas.. merupakan distraksi buat si pengemudi maupun orang yg terkena abunya.. apalagi ngerokonya sambil terima tlp di hape kang iia.. :( oleh karena itu ada baiknya kalau mau ngeroko' berenti dulu minggir, terus baru dee ngeroko.. llaaaahhh ttp ajja ngeroko2 juga :p

Elsa said...

sopir angkot tuh suka nyetir sambil merokok
sebel banget kalo ketemu sopir angkot yang kayak gitu

fanny said...

met malam..moga menang ya.

ad said...

horeeee...dapet BB...:p

untung gw gak ngerokok..

good luck!!!

thimit said...

Bagus tu mas..
Kalau merokok sambil mengemudi tu bahaya bukan hanya buat orangnya sendiri tp jg yang lain tu...

http://thimits.blogspot.com/2011/01/tips-berkendara.html

salam kenal dan semoga sukses selalu

merry go round said...

Tuuuuhhh... baca tuh yg ngerokok. Tuuuhh baca tuuhh (emosi tingkat tinggi).

Tapi terserah sih, mau pake cara apapun pasti suatu saat nanti perokok itu akan mati karena rokok yg mereka hisap setiap hari setiap waktu. You will see. (hahahahaa, emosi jiwa gue nulisnya. Asli gue benci banget sama perokok).

Lily Kasim Personal Blog said...

satu lagi niy..sambil nelpon..haduhhhh...

Lily Kasim Personal Blog said...

lam kenal ya..keknya pernah main ke sini ni...

Manajemen Emosi said...

No smoking aja beres yo mas he he he

cipu said...

Exort I am not smoking, so I am free from your accuse right? Hahahahah ngeles,,,,,

exort said...

@genial: setuju

@elsa: uda gitu nyetirnya pada sembarangan ya

@fanny: makasi ya

@ad: amiinnn

@thimit: tul

@rossa: sabaaarrr buuu

@lilly: eh pernah mampir ya

@manajemen emosi: bener

@cipu: hehehehe bisa aja lo

Ellious Grinsant said...

Ahaaaa.... ini gua banget, huhuhuh...
kalo mau fitnes naek motor, sambil denger mp3 sambil ngerokok... udah lengkap banget dah resiko kecelakaan gua, wuakakakakak...