26 May, 2011

Ujung Genteng

Ujung Genteng adalah daerah pariwisata alam yang terletak di sebalh selatan Jawa Barat, berjarak 220km dari Jakarta. Selain Curug Cikaso dan Amanda Ratu, Ujung Genteng terkenal dengan beberapa titik pantai yang indah dan bersih dengan pasiir putihnya yang cantik.

Pantai Ujung Genteng

Ujung Genteng merupakan satu dari lima tempat observasi penyu di Indonesia. Tepatnya di Pantai Pangumbahan. Di sini terdapat pantai tertutup yang dikhususkan untuk pengembangbiakan penyu. Di sepanjang Pantai Pangumbahan ini setiap malamnya selalu ada penyu yang bertelur. Dengan ijin pihak konservasi, kegiatan penyu bertelur ini dapat dilihat dari dekat. Di pagi harinya, bila memang ada tukik (anak penyu) yang siap dilepas, proses pelapasan tukik-tukik ini dapat juga diikuti. Kegiatan inilah yang menjadi ciri khas dari daerah Ujung Genteng.

Sang Penyu

Telur penyu


Selain itu, ombak dari Samudera Hindia besar dan menghempas lembut di bibir pantai menjadikan Ujung Genteng diincar para peselancar mancanegara. Pantai yang terkenal untuk berselancara adalah Pantai Ombak Tujuh yang terletak di ujung barat daerah Ujung Genteng. Tapi selain itu, tak jauh dari daerah konservasi penyu, ada pantai kecil yang tersembunyi yang juga ramai dikunjungi turis mancanegara untuk berselancar. Pantai itu dikenal dengan nama Pantai Batu Besar. Di Pantai Batu Besar ini juga terdapat sisa dermaga yang konon merupaka peninggalan Belanda.

Pantai Batu Besar tempat berselancar

Sekitar 2-1,5 km sebelah barat dari Pantai Batu Besar, terdapat pantai indah yang bernama Pantai Cipanarikan. Pantai Cipanarikan terdapat muara sungai yang indah. Bila sedang surut, muara ini dapat diseberangi. Di sebelah barat terdapat pantai berkarang. Bila sedang beruntung, akan terlihat ikan disela-sela karang tersebut. Di sebelah timur dai muara, terdapat hamparan luas pantai landai berpasir putih nan indah.

Muara di Pantai Cipanarikan

Pantai berkarang di Cipanarikan

Pantai berpasir putih di Cipanarikan


Berikutnya: foto-foto indah lainnya dari daerah Ujung Genteng

13 comments:

Call me Batz said...

Haduh xort.... Postingan u buat ngiler dech... Trnyata byk daerah di indo ya yg bagus
Ditunggu cerita selanjutny

Elsa said...

ternyata memang benar benar kereeeen yaaaa....
cuma pernah denger nama terkenalnya aja, belom pernah kesana...

oh ternyataaaa
nyesel kemaren diajakin teman kesana,aku gak mau
hiks

Arman said...

kenapa kok banyak tempat2 yang gua gak pernah denger ya? hahaha

bagus ya pantainya bersih juga...

Ellious Grinsant said...

wah keren nih tempatnya, bisa dijadiin tempak surfing, ombaknya manteb!

Sang Cerpenis bercerita said...

penyu memang harus dilindungi tuh. kasihan. banyak yg punah. btw, fotonya asik amat, Exort...

Meutia Halida Khairani said...

i was supposed to be there T_T
gile ya, liat pantainya, penyunya, semuanya pengen gw rasain sendiriiii.

kapaaan bisa kesana? T_T

Ajeng Sari Rahayu said...

nggak nyoba berselancar Xort?

Aulawi Ahmad said...

wah boleh tuh buat liburan, ongkosnye berape bro?

exort said...

@surya: tunggu ya

@elsa: yaaa...kenapa ga mau sih

@arman: emang banyak tempat2 indah yang kurang terkenal

@ellious: mantep bro

@fanny: makasi ya

@meutia: semoga secepatnya

@ajeng: nanti siapa dong yang motoin? :D

@aulawi: tunggu postingan berikutnya ya :D

Mila Said said...

aaaaaargh kereeeen.... gw makin pengen ke ujung genteng liat penyuuuuuuu

umiabie said...

waaah indah banget.. pengen deh ke sana....

Cerita Tugu said...

kelihatannya alamnya sejuk dan indah

Audrey R. Subrata said...

pantainya bagus, jadi kepengen ke pantai udah lama banget ga ke pantai. telor penyunya bisa dimakan ga ya kira-kira hehe :3