22 June, 2010

Setu Babakan

Pernah dengar Setu Babakan? Kalau belum tau ga usa minder (halah penting banget kayanya harus tau hehehe), gw juga baru denger beberapa tahun belakangan ini. Setu Babakan itu sendiri adalah setu (daerah penampungan dan peresapan air yang mirip danau) yang berada terpencil di daerah Srenseng Sawah di selatan Jakarta. Setu Babakan sendiri akhirnya dijadikan kawasan cagar budaya Betawi. Dari baru masuk kawasa aja uda di sambut dengan gapura selamat datang yang bergaya Betawi. Rumah-rumah disekitar Setu Babakan ini juga kental bernuansa Betawinya.

Disamping setunya sendiri ada kawasan khusus untuk pagelaran kebudayaan Betawi. Kawasan ini berupa panggung kesenian, rumah-rumah adat Betawi dan mushola yang bergaya Betawi. Lingkunganya juga nyaman karena pepohonan rindah disekitarnya. Sayangnya pas gw datang lagi ga ada kegiatan keseniannya. Kalau mau liat keseniannya dianjuran untuk datang hari minggu jam 2-4 sore.

Setunya sendiri cukup besar. Disekelilingnya banyak pohon rindang sehingga nyaman buat duduk dan bercengkarama sambil liat keindahan setunya. Bila ingin menikmati setu dari tengah setunya bisa menggunakan sepeda air yang berbentuk bebek-bebakan atau kuda laut. Tapi hati-hati kalau main sepeda airnya jangan sampai mengganggu para nelayan atau pemancing ikan yang ada disekitar setunya. Dikawasan ini juga terlihat ada orang yang sedang latihan kayak.

Untuk urusan perut, ga usa kwatir. Disekitar setu ini banyak yang berjualan makan. tentukan makan khas Betawi. Dari kerak telor yang tersohor itu, toge goreng, dodol Betawi, es doger sampai bir pletok. Kalau mau bawa cindera mata, disini juga banyak yang jual. Dari baju, celana, aksesoris, mainan sampai cd/dvd. Jangan heran bila rata-rata sevouner yang dijual memasang gambar Benyamin Sueb (alm). Artis kawakan Betawi ini memang tiadak duanya. Semuanya, baik itu bukan orang Betawi pasti kenal dengan beliau.

Ini adalah kali kedua gw datang ke Setu Babakan. Dan waktu gw kesana, gw melakukan kesalahan fatal. Kesalahan ini adalah kesalahan yang paling sering terjadi buat para penggemar foto amatiran. Dan kesalahan itu adalah…..gw kehabisan batere camera…damn! Jauh-jauh kesana, tapi ga bisa mengabadikannya. Untung masih bisa beberapa kali jepretan walau hasilnya ga memuaskan. Dan berikut adalah sedikit dari sedikit foto yang bisa gw tampilkan

Setu Babakan

Bersepeda air di Setu Babakan

Pintu masuk ke kawasan budaya Setu Babakan

Rumah adat Betawi

Ondel-ondel


Selamat Ulang Tahun Jakarta ke 483

22 comments:

Call me Batz said...

jauh-2 ke sana..batere habis ? what a pity.. lain kali persiapannya harus lebih matang ya..hehe

Call me Batz said...

Pertama gak ya? ^_^

Met ultah ya Jakarta..

minomino said...

happy bday ibu kota :)

Aulawi Ahmad said...

hasil fotonya keren juga bro :) emang berapa jam kalau dari jakarte ?

ad said...

wah nih setu yg dulu sering gw lewatin tiap kuliah...:)

exort said...

@surya : iya pak

@minomino : termakasih (serasa yg diselamatin)

@aulawi : masih dijkt kok, dr t4 gw 1.5 jam tp jalannya jauuuhhhhh dan sering macet daerah sana

@ad : kuliah di istn ya?

merry go round said...

Aku tau daerah ituuuu ;)
hehehe....
nice photos, ajarin doooong...

mentang2 ultah Jakarta postingannya jadi kaya gini ya :p

Anonymous said...

sayangnya gw gak nemu makanan betawi laen kayak ketupat sayur, laksa betawi, bubur ase, asinan,gabus pucung...di setu babakan...atau gw ga nemu tempatnya disitu ya...harusnya jangan jual kerak telor doang dunk...ya ga?

Arman said...

belum pernah tau, bahkan baru kali ini denger tentang setu babakan... :)

selamat ultah jakarta!

Antaresa said...

pengen kesana, tapi jauh

kesehaRian Ra-Kun said...

fotonya keren :)

exort said...

@rossa : yuk, kapan? mumpung pas momennya hehehe

@adjie : duh gw dibilang deket2 situ ada yg jual, gw lupa namanya...aduuuuhh

@arman : emang kurang terkenal nih tempat

@antaresa : kl ada kesempatan boleh tuh kesana

@rian : tx :)

richo said...

tuh kaya waduk gitu yah bro..... bisa buat mancing dung :)

Meutia Halida Khairani said...

masih mending batre abis.. kalo gw, waktu itu pernah udah nge-cas batre, trus kameranya dibawa tapi batrenya ketinggalaaaaaan >_<..

wah, bisa jadi objek kunjungan gw nih ke setu babakan..

Seiri Hanako said...

kayak ada mistiknya...
(koq dah ber prasangka dulu ya aku ini)

cipu said...

blom pernah ke Setu Babakan.... itu daerah mana sih.... bisa naik busway gak kesitu?

aguessty said...

deket rumah temen gw tuh..........bisa naik bebek2 an hehhehehehhe

exort said...

@richo : iya bisa mancing juga

@meutia : huahahahaha semoga gw ga seapes elo deh

@seiri : ga tau deh tp katany emang sering yang meninggal tenggelam

@cipu : ga bisa cip, rad terpencil tempatnya

@agus : elo jgn naik bebek2an ya, gw kasian nanti ama bebeknya hehehe

alice in wonderland said...

kupikir salah tulis judul satu jadi setu... ternyata bahasa betawi... gede juga ya bisa buat naek perahu gak sih?

tukangpoto said...

Wah,padahal deket ya tapi belum nyempetin mampir tuh..kapan-kapan harus ah buat sekedar refreshing..:)

Sang Cerpenis bercerita said...

aku juga baru denger istilah itu.kirain babak sandiwara

yusuf said...

sKedar MAsukkan kLo mO kTeMu makanan BeTawi dan KeseNiannya datngnya Hri2 Libur kYak SaBtu dan MinGGu jah gan ...