28 June, 2010

Jakarnaval 2010

Dalam rangka memeriahkan HUT Jakarta, diadakanlah acara Jakarnaval di Monas dan sekitarnya.

Jakarnaval 2010

Acara yang seru disini adalah karnaval atau pawai kesenian dan budaya. Kesenian dan kebudayaan yg dipertontonkan tidak melulu mengenai betawi tapi juga dari daerah-daerah lainnya seperti Padang, Jawa, Bali bahkan Papua dan Tionghoa. Pawai ini mengambil rute Monas-Thamrin-Bunderan HI-kembali lagi ke Monas. Seru dan penuh warna jadinya.

Selain menonton arak-arakan pawai dari pinggir jalan, melihat persiapan sesaat sebelum pawaipun ternyata seru juga. Sebelum para peserta melakukan pawai, mereka dikumpulan di lapangan selatan Monas. Selain merapihkan busana dan peralatan yang akan dipakai, para peserta pun melakukan latihan dan pemanasan dahulu sehingga menjadi tontonan yang juga mengasikan.

Persiapan Sebelum pawai Jakarnaval dimulai

Untungnya saat acara berlangsung Jakarta tidak terguyur hujan (boleh juga nih pawang hujannya). Matahari benar-benar bersinar dengan teriknya. Untuk menghidari teriknya matahari, beberapa peserta mempergunakan aksesoris dan atribut apa aja yang bisa dipakai unutk menutup kepala, seperti kipas, selampe bahkan pohon pisang.

Panas terik

Ada yang menggelitik gw pas gw lagi ngeliat para peserta ini melakukan persiapan peserta dari Papua. Ada seorang anak kecil yang meminta ibunya untuk difoto bersama badut sambil menunjuk peserta berpakaian Papua. Hadooowwwww beda jauh kale ya antara baju adat Papua dengan baju badut.

Pakaian adat Papua vs pakaian badut

Tapi kalau unutk urusan foto bersama, para peserta dari komunitas kendaraanlah yang paling banyak dimintai foto bersama. Begitu mobil klasik, motor klasik, sampai sepeda ontel menempati tempatnya langsung diburu para penonton baik untuk sekedar melihat maupun foto-foto (termasuk gw tentunya).

Peserta mobil klasik
  
Peserta motor besar, motor klasik dan sepeda ontel

Ada suatu komunitas yang beda dengan nuansa pawai ini, yaitu peserta dari komunitas pencinta airsoft guns. Mereka datang lengkap dengan pakaian ala tentara berikut dengan senjata dan mobil tentaranya. Begitu mereka berenti dan turun, langsung mendapatkan perhatian dari orang-orang sekitarnya.

Peserta dari komunitas airsoft guns

Melihat acara parade ini mengingatkan dulu waktu gw masih SMP gw pernah ikut menjadi peserta di karnaval ini, sayangnya gw kehilangan fotonya.


Maju terus Jakarta

18 comments:

Aulawi Ahmad said...

kereen wes bikin iri hehehe. mobil kunonye cantik2 tuh, tq ya dah berbagi :)

saka said...

PertamaX dulu dah...
Blognya unik banget bang, my gray area hehe, tapi inponya juga seru

nocom said...

untuk website komunitas airsoftnya click our link : www.nocom.webs.com

btw nice blog bro

alice in wonderland said...

waduh kasihan nian anak bangsa ini gak ngerti kebudayaan ndiri, baru kali ini orang pake koteka dibilang badut, walau mungkin rada2 mirip sih^^
Paling seneng ngeliat sepeda ontelnya, aku paling seneng liat kota yang penduduknya masih suka pake sepeda ontel... berasa gmana gitu ;)

richo said...

kemaren liat liputannya rame banget, sayang belom pernah liat langsung aku....

Ari Asikin said...

Yes we are those airsoftgun community :)

Salam kenal dari North Commando, wargames & military enthusiast community ya bro :)

Regards,
Snake-SA04
(FB: ari_asikin@hotmail.com)

exort said...

@aulawi : tul keren2 mobilnya

@saka : tx ya

@nocom : segera meluncur kesana, tx bro

@alice : iya tuh, gw juga seneng liatorang2 pake sepeda ontel

@richo : bolehlah sesekali datang ke jkt ntn kesini

@ari : met kenal juga

andri said...

badutnya mirip elo kayanya...:p

Meutia Halida Khairani said...

huaaaa, gw sakit minggu kemaren dan pindahan kosan. Jadinya ga bisa datang.. bikin sirik liat foto2nya.. kapan lagi ya ada beginian?? event2 kayak gini paling favorit buat gw.

ra kun said...

keliatannya seru sekali :)

Arman said...

menarik ya...
tapi gak kebayang panasnya pas nonton. hehe.

Call me Batz said...

maju terus jakarta...begitu juga kota lainnya..jadi maju terus Indonesia

merry go round said...

Ini yang sekalian workshop foto itu bukan?

Beuh, pas hari seninnya Monas kotor bangett...Sakit mata gw ngeliatnya.

exort said...

@andri : makasi loh atas pujiannya *sambil nyambit sendal*

@metutia : ya...harusnya elo nyempetin nonton

@ra kun : tul bgt

@arman : panas abis

@surya : mari maju

@rossa : uda kebayang kotornya, pas acaranya aja uda kotor

Arfi said...

wah.. seru seru banget ya di jakatanaval. jadi kepengen lihat nih...

julianusginting said...

weiss...keren2 gambarnya sob..mantaff

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, seru juga ya. pantas macet banget pas kemarin pulang lewat kemayoran

tukangpoto said...

Seneng banget emang kalo bisa ikut keriaan seperti ini, terakhir dulu pernah saya ikuti juga waktu SMP dulu,bareng-bareng temen-temen sekolahan ..wah senengnya:)