04 February, 2011

Liburan Imlek

Semenjak Imlek dijadikan hari libur nasional, klenteng-klenteng semakin banyak dikunjungi orang saat Imlek. Baik itu tua maupun muda, pria maupun wanita, pribumi maupun keturuan Tionghoa. Tujuannya untuk datang ke klentengpun berbeda-beda. Hal ini teramati di kawasan Klenteng Tertua di Jakarta dan Bogor.

Kawasan Klenteng Petak Sembilan Jakarta

Boleh jadi kawasan klenteng ini merupakan klenteng yang paling banyak didatangi pada saat Imlek oleh orang non (keturunan) Tionghoa. Hal ini bisa disebabkan karena kawasan ini mempunyai nilai sejarah bagi kota Jakarta. Banyaknya orang yang ingin mengetahui sejarah disekitar pecinan ini membuat munculnya paket-paket wisata sejarah malam saat malam Imlek. Paket wisata ini berkisar Rp. 60 ribuan. Hal ini sudah meliputi pin/kaos, guide dan lain-lain.

Grup wisata malam kota tua

Wisatawan manca negara pun datang

Selain itu banyak juga para fotografer-fotografer profesional dan amatiran serta yang baru-baru belajar foto datang ke kawasan ini. Hal ini karena banyak spot-spot indah yang dapat diabadikan.

Foto(grafer)

Kemeriahan yang ada juga mengundang para wartawan media massa untuk meliputnya. Sehingga tak jarang terlihat adanya pembawa berita sedang shooting dilokasi klenteng ini.

Live report

Tapi yang terbanyak yang datang ke kawasan klenteng ini adalah para kaum dhuafa yang menantikan pemberian angpao yang memang banyak juga diberikan.

Bagi-bagi angpao

Klenteng Dhanagun Bogor

Klenteng yang terletak di samping Kebun Raya Bogor ini, merupakan klenteng tertua di Bogor. Ternyata keadaannya juga tak jauh berbeda dengan Klenteng Petak Sembilan, hanya saja memang tidak seramai disana. Klenteng ini juga dijadikan tujuan wisata pada saat liburan Imlek. Banyak juga yang datang kesini untuk foto-foto dan mengetahui apa dan bagaimana ibadah Imlek itu dilakukan.

Foto memfoto

Tanya-tanya tentang Imlek

Tapi bila dilihat lagi, memang wajar bila banyak orang yang tertarik datang ke klenteng disaat Imlek. Kemeriahan warna merah dicampur dengan api yang menari-nari ditambah kekhusukan orang beribadah memang menarik untuk dilihat.

Bakar uang

Sujud

Sembah


Gong Xi...Gong Xi...Xin Nian Kuai Le, Wan Shi Ru Yi....Gong Xi Fa Cai 2562

17 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, kamu ke klenteng2 itu ya? ck.ck.ck.aku aja gak ke klenteng hehhe.btw, bawain kue keranjang nih

Arman said...

iya di depan klenteng pasti banyak yang minta2 kalo pas imlek. gua dulu pas kecil selalu ke klenteng juga ngikut bokap sembahyang kalo pas imlek.

baru tau gua kalo ada paket wisatanya di kota tua... keren juga ya... :D

Henny Yarica said...

lho..bukannya memang dari dulu tahun baru cina itu dianggap hari raya besar? (makanya di kalender warnanya merah).
kemarin saya juga lihat di televisi, hampir semuanya membahas tentang kelenteng dan barongsai. hahaha

Aulawi Ahmad said...

gon xi fa cai bro, bagi angpaunya dong hehe, kemaren gue jln ke kota tua, tapi kecewa deh gak kayak ditipi2 hehe

Ellious Grinsant said...

berbeda itu indah, makanya diriku menghormati Imlek.
Cuma pas baca postingannya yang menuliskan para peminta2 memanfaat moment imlek ini untuk dapet angpao, rasanya jadi sedikit kesal... kenapa sih mereka gak pernah berpikir untuk bekerja dan mendapatkan uang dengan cara yang lebih baik.

BTw. Selamat Hari Imlek ya teman-teman...

SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

selamat tahun baru imlek sob :)

Madinger said...

wah, seru dan meriah ya ^^

Meutia Halida Khairani said...

wew, gw cuma tiduran doang pas imlek kemaren. temen2 pada pulang kampung, hujan, lengkap deh alasan ngga kemana2.
tapi seru ya tu acara..

btw, surganya para penyu itu Ujung Genteng, jawa barat =D

exort said...

@fanny: asiikk dpt kue keranjang

@arman: uda 2-3thnan paket wisata itu uda ada

@henny: baru semenjak GusDur jadi presiden, Imlek resmi jadi libur nasional

@aulawi: lah ke jkt kok ga bilang2

@ellious: sepertinya dari dulu dan dimana aja kaum peminta2 itu pasti selalu ada

@shudai: sama2 ya sob

@madinger: tul

@meutia: hujannya kan cuma mpe jam 7 aja, wah ujung genteng salah 1 t4 yg dr dl pingin gw dtgin...ikut dong

merry go round said...

Kemaren lo ke klenteng yang di Bogor? IIihh ko nggak ngajak-ngajak siiihh :(

minggu depan kopdaran sama cipu juga ya. kosongin jadwal nggak pake sibuk ;)

aguessty said...

gong xi.....gongxi.........

tukangpoto said...

Selamat hari raya imlek..teman-teman.

Anonymous said...

jangan lewatkan festival cap gomeh di PRJ,mulaiFeb 12....yukk liat ...moga2 rame juga disana

minomino said...

minta angpao dong *eh *salahfokus
:D
apa kabarnyakah? maap lama ga brkunjung :)

Sang Cerpenis bercerita said...

bener tuh dg komentar anonim..ntar pas festival kamu foto2 aja lagi. terus posting di blog.

Seat Vacations said...

Nice article. Nice photo.

Elsa said...

serba meraaaaaah..meriah!!!!
klenteng emang unik yaaa
pantas jadi sasaran foto