16 June, 2011

Gerhana Bulan 16 Juni 2011

Tadi dini hari tadi telah terjadi fenomena alam gerhana bulan. Ada yang spesial dari gerhana bulan di tanggal 16 Juni 2011 ini, yaitu gerhana bulan total kali ini akan berlangsung sekitar 100 menit. Ini adalah gerhana bulan terlama sepanjang 100 tahun.
Mendengar hal ini kayanya rugi kalau dilewatkan begitu saja. Maka sudah tentu gw tidak mau melewatkannya. Berbekal kamera kesayangan dan ditemani nyamuk-nyamuk nakal gw pun menikmati fenomena alam yang jarang terjadi ini.
Dari jam 01.00 gw uda bersiap-siap mencari posisi. Beruntung rumah gw bertingkat tiga jadinya berasa lebih dekat ke bulan di bandingkan yang bertingkat satu hehehe. Bulan terlihat bulat sempurna. Memang gerhana bulan ini terjadi pada saat bulan purnama. Sebelumnya awan mendung sempat mengintai sang bulan. Untunglah awan itu menghindar sehingga prosesi gerhana bulan dapat dinikmati.
Jam 01.20 prosesi itu dimulai. Terlihat secuil bayangan menutupi bulan. Dan jam 01.42 bulan sudah terlihat somplak (dikutip dari twit @mila_said). Kemudian berlahan namun pasti, bulanpun semakin tertutup. Sekitar jam 02.20 bulanpun tertutup bayangan bumi. Gw yang mengamati dari balik kamera sempat terpukau. Ternyata pada saat gerhana bulan, bulan menjadi berwarna kemerahan. Lalu tiba-tiba awan-awan mendung mulai menghampir bulan yang sedang tertutup bayangan bumi itu. Bulanpun menghilang di balik awam mendung. Sayang memang, gw jadi tidak bisa melihat gerhana bulan total yang berbentuk cincin itu.tapi gw bersyukur bisa menikmati langsung prosesi gerhana bulan terlama sepanjang 100 tahun.
Bulan purnama 16 Jun'11 0.1.02


Gerhana bulan 16 Jun'11 01.22


Gerhana bulan 16 Jun'11 01.49

Gerhana bulan 16 Jun'11 02.07

Gerhana bulan 16 Jun '11 02.18

Gerhana bulan 16 Jun '11 02.25


Gerhana bulan terjadi karena bulan tertutup bayangan bumi

11 comments:

Ajeng Sari Rahayu said...

seenggaknya gw bisa inget momen dini hari tadi dari blog lw Xort...kamera gw nggak nyampe buat ngambil foto, yang ada cuman keliatan titik putih >.<

Subhanallah, indah banget bulannya tadi!

Tri Setyo Wijanarko said...

paling tidak dengan foto-foto ini bisa mengobati rasa penasaran saya terhadap gerhana bulan semalam.. mata saya sulit sekali diajak kompromi tadi malam sehingga sebelum tengah malam saya sudah tertidur..

Meutia Halida Khairani said...

wew, jelas banget fotonyaaaa. kereeeeen

vsint said...

sayang semalam saya tidur lebih awal.....jadi nyesel g liat langsung

andri said...

keren fotonya...itu bukan boongan kan fotonya? :P

morishige said...

gerhana totalnya bagus. bulannya jadi merah. tapi saat2 yang paling indah menurut saya adalah sesaat sebelum cahaya bulan hilang.. :)

Arman said...

bagus fotonya!
niat banget sampe nungguin gerhana... hehehe

.:diah:. said...

itu fotonya kereenn banget, huaaa beruntung yaa bisa ngeliat bulan puranama itu, bisa mengabadikannya pula, kereenn, mantappp :)

Fin said...

Gara2 salah nge set alarm di hp, jadi ketinggalan moment saat terjadi gerhana, untungnya masih bisa ngeliat saat2 akhir gerhana mau selesai

exort said...

@ajeng: tul indah bgt bulannya

@tri: gw jg ngantuk bgt

@meutia: makasih meut

@vsint: lihat dari foto gw aja :D

@andri: makasih loh pujiaannya

@morishinge: lihat langsung juga ya?

@arman: niat dong, hasilnya juga ga ngecewain kan? heheheh

@diah: makasih

@fin: yaaa.....sayang banget fin

Ellious Grinsant said...

huhuhuhuhu, gua kelupaaaaan... pas tuh gerhana terjadi gua malah asik onlineeee.... sial banget dah!