20 June, 2011

(Semen Gresik) Cinta Betawi 2

Dalam menyambut ulang tahun Jakarta, kemarin di Monas Semen Gresik mengadakan acara Cinta Betawi 2. Acara ini selain mengusung kesenian budaya betawi tapi juga jalan santai dari Monas sampai Bundaran HI dan kembali lagi ke Monas.
Karena menyambut ulang tahun Jakarta dan gw sebagai orang yang tinggal di Jakarta yang (berusaha semakin) mencintai Jakarta, maka gw ikutan acara tersebut. Ini acara jalan santai pertama yang gw ikutin. Ya...itung-itung olah raga.
Di undangan yang diberikan panitia tertulis peserta diharapkan kedatangannya jam 06.00. Gw sendiri sampai di Monas hampir jam setengah tujuh. Rupanya Monas sudah ramai dengan peserta jalan santai.
Perkiraan gw jalan santai akan dimulai jam 07.00. ternyata jam 07.00 prosesi acaranya baru dimulai. Diawali dengan sambutan Ketua panitia, Direktur Semen Gersik sampai Gubernur DKI Jakarta. dan pertunjukan seni Betawi sampai pawai arak-arakan kebudayan betawi serta Korea, Jepang, China dan India (mungkin negara ini pengimpor Semen Gresik).
Jalan santainya sendiri baru dimulai hampir jam 08.00. Untung udara sangat bersahabat. Walau matahari bersinar terang, cuaca tidak terasa terlalu panas. Selama diperjalanan ternyata dibeberapa tempat para pejalan santai ini dihibur oleh kesenian betawi. Dari rebana sampai lenong. Sekitar jam 09.00 gw akhirnya sampai kembali di Monas. Panas, capai dan ya... lumayanlah.
Sambil menikmati kue yang dibagikan panitia, para peserta dihibur dengan kesenian betawi. Dan tentu saja ada iming-iming doorprize yang cukup menggiurkan, yaitu 8 motor. karena capai dan panas gw ga ngikutin acaranya sampai habis dan gw juga yakin pasti ga dapat juga doorprizenya. Yang penting gw uda ngeramaiin acara ulang tahun Jakarta.
Oiya acara ini tercatat di Muri sebagai acara pemakaian Lok Can terbanyak bersamaan, yaitu 11000 orang. Sempat terpikir oleh gw, apa segitu enggannya orang (betawi) memakai lok can sampai harus dibuat acara khusus agar orang-orang memakai atribut pakaian tradisional ini secara bersamaan? Jujur aja gw sendiri baru tau dan baru pertama kali memakai lok can ini.
Penganten Sunat

Peserta pawai budaya dari Korea

Rebana biang di pinggir jalan

11000 peserta jalan santai Cinta Betawi 2

13 comments:

Arman said...

baru tau yang namanya lok can. hehe.
lu aktif ya ngikutin acara2 di jakarta. tapi bagus juga, gua jadi tau kalo di jakarta ternyata banyak acara. perasaan kok gua tinggal disono 17 th gak pernah tau ya.. hahaha. kacoo.. kacooo.. :D

Ajeng Sari Rahayu said...

Unik ya, kirain tadi lok can itu bajunya :D

semoga semangat lw untuk mencintai Jakarta terus ada ya Xort, hhehe ketiban seneng juga baca ulasan2 seperti ini. Terlebih lagi gw yang belom pernah ke Jakarta.

Pernah nggak sih Xort, lw nulis artikel tentang kemacetan Jakarta? gw penasaran, apa iya seperti yang terlihat di layar tv dan kata orang macetnya???

Oh ya, gw ada tag buat lw di postingan sebelumnya..kalau berkenan..tulis 10 hal tentang lw ya ^^

Yudi Darmawan said...

cieee.. foto yang terkahir, narsis euy..

NuellubiS said...

sepertinya acaranya seru yah?

Sang Cerpenis bercerita said...

gue yg asli Jakarta juga gak tau kalo itu namanya lok can. kirain itu sejenis makanan. hehee

Ellious Grinsant said...

Huwooow... ampe masuk muri segala...

acaranya bagus, mengusung tema kebudaya. biar kebudayaan indonesia tetap terlestarikan, hahaha... hidup Indonesia!

Meutia Halida Khairani said...

wew exort, si ajeng pengen tau kemacetan jakarta gilaaaaaaa.....

gw jg baru tau lok can. gw kira kain batik ato sarung yg dipelintir2 di pinggang gitu. di aceh sering soalnya orang2 pake kain sarung di pelintir di pinggang..

merry go round said...

Ya ampun, gue kira Lok Can itu apaan sampe orang2 males pakenya. Ternyata cuma iket pinggang motif batik. Kebangetan ya kalo orang2 males melestarikan budaya yang simpel kayak gini.

SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

wah saya juga dateng tuh sob yg di bunderan HI

Mila Said said...

gw baru tau yang namanya Lok Can hihihii.. *malu*

kezedot said...

sayang aku tdak dapatng
salam

exort said...

@arman: mgkn zamannya elo dulu disini belom rame acara2 kaya beginian

@ajeng: soal macet ya?...nanti ya

@yudi: keren kan hehehehe

@nuellubis: mayan seru

@fanny: hehehe namanya uniknya

@ellious: hidup!

@meutia: eh gimana kl elo yg ngebahas kemacetannya :D

@rossa: met datang ros

@shudai: loh kok kita ga ketemu ya?

@mila: sama hehehhe

@kezedot: salam balik

Cipu said...

Kok lu dapat mulu sih acara acara seru di Jakarta. Pas gua ke jakarta, malah ga ada acara ginian.....