17 December, 2009

Bintang jatuh...

Kemaren ini tersiar kabar kalau tanggal 12-17 Desember 2009 meteor Gemini akan lewat dekat bumi. Banyak orang yg rela begadang untuk melihat fenomena alam ini. Termasuk temen2 gw. Ada sampai bela2in bangun jam 2 kurang hanya untuk menatap langit, bahkan begadang bersama putri kecilnya hanya untuk mencari kenampakan sang metor. Untungnya temen2 gw itu melihat fenomena itu, jadi ga sia2 bangun tengah malam. Temen gw sempet bertanya ke gw apa gw pernah ngeliat komet/meteor/bintang jatuh.

Ingatan gw langsung melayang ke beberapa tahun silam. Disaat2 gw masih sering keluar masuk hutan, naik turun gunung susur sungai dan pantai (hehehe lebay banget deh). Gw dan beberapa temen gw berencana untuk naik Gunung Sumbing di Wonosobo, Jawa Tengah. Persiapan yang dilakukan memang agak terburu2 (tp ini memang sudah jadi kebiasan hehehe tp kita2 bukan pendaki nekat yg hanya bermodal dengkul dan tanpa pengatahuan apa2).

Karena saat itu lagi awal liburan long week end, jdnya susah untuk mendapatkan bis ke Wonosobo. Akhirnya temen gw mencari alternatif lainya, yaitu dengan menyewa truk. Jadi deh gw n temen2 gw naik truk dr jakarta sampe ke Wonosobo. Yah..namanya juga naik truk, jalannya lelet bgt, perkiraan sampe sore, malah sampenya malam2. Untungnya kita didrop di desa pas menuju Gunung Sumbing. Dari truk kita pun meneruskan berjalan kaki. Karena uda tengah malam maka kami memutusnya untuk berisitirahat di jalan yg menuju kaki gunung.

Karena kita memang tidak memasang tenda, kita pun tduran langsung menatap langit. Saat itu cuaca lagi cerah2nya. Langit bersih tanpa awan. Bintang2 dan bulan terlihat jelas. Lagi asik2nya melihat bintang tiba2 kita dikagetkan oleh seberkas cahaya di langit sana yg bergerak dengan cepatnya. Salah satu temen gw langsung teriak, ‘Bintang jatuh, make a wish’. Secara serentak temen2 gw yg lain pada make a wish dalam hatinya. Dan tau2 terlihat lg bintang jatuh lagi. Dan lagi. Dan lagi. Kita sampe bingung mau make a wish apa lagi saking banyaknya.

Tiba2 temen gw nunjuk arah pergerakan bintang jatuh itu dan berkata, ‘eh elo tau ga skrg hari libur apaan?’
‘Libur Tahun baru Islam, knp emangnya?’
‘Elo tau ga kl Tahun Baru Islam kan samaan ama Tahun Baru Jawa, alias sekarang kan berarti malam 1 Suro’
‘Trus knp?’ Gw yg bukan org Jawa kurang ngerti maksud dari temen gw itu.
‘Kalau pas 1 Suro, banyak orang2 jawa yg pada nyekar, semedi, berguru dan adu ilmu, elo liat ga tuh arah bintang jatuhnya. dari kanan ke kiri dan ada yg dari kiri ke kanan. tuh sebelah sana kan Gunung Sundoro, yg di sana Gunung Merbabu. Tuh gunung kan tempat org berguru’
‘Trus?’
‘Siapa tau mereka lagi pada perang ilmu’
‘Maksud elo?’
‘Iya, mereka lagi saling lempar2 ilmu’
‘Jadi maksud elo yg td itu bukan bintang? Maksud elo itu santet?’
Temen hanya mengangguk. Kami pun semuanya terdiam melihat cahaya biru yg berseliweran sambil berusaha tidur.


Gw kangen naik gunung...

9 comments:

aguessty said...

trus apa yang terjadi selanjutnya.......sayangnya gw engga demen naik gunung hehehhehe

an4k`SinGKonG said...

oalah alah...kirain bintang beneran bang ,ternyata ntu tah...takuuuuuuuuuuttt

met tahun baru 1431 H bang

di tunggu ampiranya

Sang Cerpenis bercerita said...

santet apa sate? he he he..met berlibur.

Aulawi Ahmad said...

wih ngeri juga kalau itu beneran santet bro he222...kalau org palembang bilang "tuju" :) btw aku gak bisa bayangin naek truk jakarta-wonosobo, tapi dulu waktu lagi kul emang gitu ya, apapun dilakukan yg penting sampe tujuan n happy :)

ad said...

untung di jakarta langitnya ketutup polusi,jd gak keliatan deh tuh "bintang jatuh"

Sang Cerpenis bercerita said...

suka dg gambar bintang jatuhnya. cool

ocheholic said...

selalu horor deh =P

perna liat bintang jatuh ga mas?hohoho,,
keren kali ya kalo jatuhnya kek meteor garden

Anonymous said...

Bintang Jatuh itu kan film bioskop pertama nya si Dian Sastro...sutradara nya Rudi Soedjarwo,,,and u know what ? karena bapaknya Rudi adalah Anton Sudjarwo yang mantan kepala POlri, premiere nya diadakan di mabes polri....peace man !!

Sang Cerpenis bercerita said...

cahaya birunya itu apakah ilmu2 yg berseliweran>