31 December, 2009

Movies of the year 2009

Tahun lalu, disaat2 menjelang akhir tahun seperti sekarang, gw dibuat ga sabar buat nonton ‘Angels and Demons’. Untungnya penantian gw yg lama tidak mengecewakan. Seperti film pendahulunya ‘Da Vinci Code’, film ini sukses mengangkat novelnya ke dalam film dengan baik. Bisa gw bilang semua yg gw bayangkan pas baca bukunya sama persis dengan yg ada difilm, padahal gw baca jauh sebelum gw tau kalau bukunya bakal difilmin.

Tahun 2009 ini cukup banyak film2 yang memang pantas ditonton. Ada beberapa film dr semua genre yang memang patut dicatat dan dikenang. Ada yang bagus dari segi ceritanya saja, ada yang efeknya saja yang bagus dan tentu saja ada pula yang bagus dari sisi cerita dan efeknya. Ada pula yang standar dan tentu ada pula yang dicibir para penonton.

Film ‘Watchmen’ dan ‘Harry Potter and The Half-Blood Prince’ merupakan film yang banyak mendapatkan cibiran. Banyak orang yang menyangka akan menonton banyak adegan aksi difilm ini seperti yang ada ditrailer yang beredar. Ternyata setelah ditonton film ini hanyalah film drama belaka.

Untuk genre drama sendiri film ‘Inglorius Bastards’ dapat mencuri perhatian. Film yang berseting zaman Nazi ini membuat orang untuk tetap menonton film yang bisa dibilang mempunya cerita yang pelik ini. Sedangkan untuk drama komedi romantis, film ‘(500) Days of Summer’ pantas untuk dikenang. Tidak hanya dari ceritanya yang menarik, filmnya sendiri mempunyai gaya berfilm yang berbeda dari film2 drama pada umumnya. Ga salah kalau film ini menjadi film yang paling banyak di request pada Jiffest 2009. Dan untuk film drama romantis sendiri film ‘The Curious Case of Benjamin Button’ menggebrak diawal tahun ini. Film ini mampu membuat orang tersentuh dan terhanyut dalam kisah cinta tanpa harus merasa menjadi cengeng.

Tahun ini lumayan banyak diputar film kartun/animasi. Baik itu film dari hollywood maupun dari Asia. ‘Upin dan Ipin’ patut diacungkan jempol. Film animasi Malaysia ini setelah masuk ke Festival Film Anak Indonesia, mampu mencuri perhatian anak2 Indonesia. Serialnya pun bisa dibilang mampu menandingi kepopularan ‘Teletubbies’. ‘Meraih Mimpi’ adalah film animasi musikal Indonesia yang sebenarnya telah dipersiapkan dengan sangat matang tp sayangnya film ini tidak sukses. Untuk film Hollywood, film ‘Up’ patut diacungi jempol. Selain karena film ini lucu, banyak banget pelajaran yang disuguhkan tanpa harus kelihatan mengajari. Serial kartun yang biasa ditonton ditivi banyak juga yang diangkat ke layar lebar. Tapi sepertinya hanya ‘Dragonball Evolution’ yang pantas dinanti sequelnya.

Televisi di Indonesia akhir2 ini banyak menyiarkan acara yang bertemakan reality show walau keabsahan "reality"_nya masih sangat dipertanyakan. Mugkin para pembuat acara2 tersebut harus menonton film ‘Paranormal Activy’ dan ‘The Fourth Kind’ dimana kedua film ini dapat mempertontonkan adegan nyata yang sebenar-benar ‘real’.

Sedangkan untuk film action, ‘X-Men Origins: Wolverine’ termasuk film yang ditunggu2 dan hasilnya memuaskan. Selain film itu ada film action lagi yang cukup mencuri perhatian, yaitu ‘G.I. Joe: The Raising Cobra’. Film laga yang penuh efek ini lebih dapat mencuri perhatian dari pada film ‘Transformer 2 : Revenge of The Fallen’ yang ngebosenin.

Bicara film yang penuh efek, pasti film ‘2012’ lah yang paling banyak dibicarakan orang. Bukan hanya dari kalangan insan maupun penggemar film yang membicarakan, para ulama juga dibikin heboh oleh film ini. Tapi jika dilihat dari sisi cerita, film ‘Star Trek’ mampu menyuguhkan cerita dan efek yang bagus. Sedangkan untuk film berteknologi tinggi, film ‘Avatar’ benar2 patut diingat. Selain dari cerita yang bagus, dengan teknologi 3D, film ini benar2 dibuat hidup. Teramat disayangkan bila tidak menonton film ini di teater berteknolgi 3D.

Tahun ini bisa dibilang tahun kembangkitan film2 berteknologi 3D. Hal ini dapat diliat bermunculannya teater berteknolgi 3D. Film2 yang diproduksipun mulai banyak. Tidak hanya kartun/animasi seperti ‘A Cristmas Carol’ tapi film2 non animasi pun mulai banyak dinanti. Film ‘My Bloody Valentine’ merupakan film bergenre horor/thriller pertama yang dibuat dengan teknolgi 3D.

Akhir2 ini film horor/thriller Asia cukup banyak peminatnya sehingga banyak dibuat ulang ke versi Hollywoodnya. Film ‘Phobia2’ yang merupakan sequel dr film ‘4bia’ yang merupakan film horor klasik Thailand yang sangat direkomendasikan untuk ditonton. Untuk membuat menghadirkan ketakutan, ketegangan dan kengerian, tidak hanya selalu menampilakan teror dari hantu, teror dari para psikopat dapat menghasilkan ketegangan yang memucak juga contohnya adalah film ‘Orphan’. Film bergenre thiller psikologi ini banyak dibicarakan karena ending yang mengagetkan. Akhir2 ini film bergenre slasher yang selalu menghadirkan para psikopat mulai banyak digemari. Bahkan sineas Indonesia pun tidak ketinggalan membuat film bergenre ini. ‘Rumah Dara (Macabre)’ merupakan bukti film slasher bermutu tanpa harus menggumbar kesexian para pemainnya. Tapi sangat disayangkan film ‘SAW 6’, film slasher yang sangat ditunggu2 belum juga main di Indonesia sampe tulisan ini diposting. Tersiar gosip kalau film ini mungkin tidak akan ditanyangkan disini. Sangat disayangkan kalau sampe harus ditonton dari DVD bajakan yang memang sudah banyak beredar.

Saat ini diujung tahun 2009, gw harus sabar menunggu diputarnya film ‘Shutter Island’ yang kabarnya akan diputar perdana tanggal 19 Februari 2010. Dan mungkin lusa, yang merupakan awal dari thn 2010 gw akan ntn film ‘Sherlock Holmes’. Semoga di tahun 2010 nanti akan dibanjiri film2 bagus dan berkualitas.


Selamat Tahun Baru 2010.
(klik tiap judul film untuk membuka situsnya)

11 comments:

Aulawi Ahmad said...

keren resensinya bro :) met taon baru ya n moga sukses selalu..amin

Sang Cerpenis bercerita said...

berhubung ogut jarang bahkan bisa dibilang gak pernah nonton film, ogut ucapin met tahun baru aja deh.

aurora said...

aku sih paling mendukung film UP. begitu banyak pelajaran tersirat yang bisa diambil... tentang kesetiaan, kegigihan, kesetiakawanan, dan masih banyak lagi...

dan aku kurang suka sama dragon ball evolution: terlalu dirombak ulang. tak satupun figur goku yang menempel pada pemeran utamanya...

dan soal film avatar: aku belum nonton... T_T

an4k`SinGKonG said...

lagi nyari pilm KCB jilid 2 bang g ketemu",mau nonton di bioskop g ada uang...huehehehhe
tau linknya ga bang...????

aguessty said...

bravo.......banyak yang ketinggalan gw nontonnya hehehehe

abeng beng /arjopedal said...

met tahun baru aja mas dan slm kenal

The First Image Studio & Management said...

Wow....What a......
ahhh susah deh komennya.....terlalu bagus menurut saya..he..he...
cuma klo film "Shutter Island",apa tuh genre-nya?...I Wish Horror or Thrailler Movie yah.....

Met Tahun Baru juga, Sukses selalu
BRAVO Bro'

@Kunto A. Prakoso

Anonymous said...

kalo pelem indonesia nya apa ?
ngga dimasukin tuh macabre ? pintu terlarang ...?

exort said...

@aulawi : tx bro, met thn bru juga

@fani : met hn br juga sis

@arora : hrs ntn avatar, kl bs yag 3D ya

@anak singkong : sabar aja, nt juga ada

@ agus : thn ini giatin lg ntnnya :)

@abeng : met kenal juga

@konto : genrenya thriller psicho tuh

@anonymous : macabre masuk tuh, pintu terlarang itu thn 2008

ocheholic said...

huehehe,,kita sama2 pecinta film!

two thumbs up buat up dan avatar.
berdasarkan http://www.imdb.com avatar masuk ranking 28 dalam 250 film terbaik sepanjang masa.

then,buat acara tv indonesia, smg taon 2010 menjadi lebih berkualiatas.
bosen nonton infotainment, bosen nonton sinetron yg ga kelar, boseeeeen,,

Sang Cerpenis bercerita said...

negeri para peri...judulnya menarik. kapan2 mo cari di gramed akh.