31 December, 2010

Film-Film 2010

Mengikuti kesuksesan Avatar di akhir tahun lalu, tahun ini film 3D lumayan banyak di release. Hampir semua film anak-anak dan keluarga ditahun ini dibuat versi 3Dnya. Untuk film dewasa yang bergenre horor/thriller juga mengeluarkan versi 3dnya seperti SAW VII yang sangat disayangkan tidak diputar di bioskop Indonesia. Banyaknya film 3D yang sukses membuat beberapa film yang awalnya berformat 2D dipaksa dijadikan film 3D seperti film Clash of The Titan dan The Last Air brender yang hasilnya jadi kurang maksimal. Untungnya film Harry Potter and The Deathly Hallows tidak jadi memaksakan mengeluarkan format 3Dnya. Untuk film kartun, Despicable Me bisa di bilang film anak-anak 3D terbaik. Dan untuk keselurahan film 3D, yang dibilang berhasil secara cerita dan tehnologi 3Dnya adalah film Alice in Wonderland dan Tron Legacy.

Untuk film Hollywood non 3D, film Shutter Island dan Inception merupakan film yang menjadi unggulan selama 2010 Tapi selain itu film Lovely Bones dan The Gost Writer tidak boleh dilupakan. Sedangkan untuk film drama The Next Three Day memberikan kesan tersendiri.

Ditahun ini bioskop-bioskop Indonesia juga mulai sering memutar film-film Eropa, seperti From Paris With Love dan High Lane (Vertige). Tapi dari segi cerita, Buried pantas untuk disandangkan sebagai film Eropa terbaik yang diputar di bioskop selama 2010.

Untuk film-film yang diputar di festival-festival film ditahun 2010 ini, banyak yang unik dan bagus. Tapi ada beberapa film yang patut dicatat, yaitu Le Concert (Fest Sinema Prancis), Incendies (JiFFest) dan tentunya Dream House (INAFFF).

Besok sudah tahun 2011. Banyak orang yang bilang kalau tahun 2011 nanti adalah tahun filmnya sekuel. Semoga saja film-film sekuel ( yang dulunya sering dipandang sebelah mata) yang akan direlease nanti dapat melebihi dari film sebelumnya. Untuk penggemar komik The Adventures of Tintin karangan Herge, siap-siap saja untuk menonton trilogi filmnya, yang akan diputar perdana dimedio Desember 2011.


Selamat Tahun Baru 2011

10 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

mantap..bener2 film mania nih kamu

Aulawi Ahmad said...

ide dan tema pilem emang tiada matinye, btw met taon baru aja bro n sukses selalu :)

cipu said...

Di sini Harry Potter ada versi 3D nya kok. Diputar nya di bioskop bioskop IMAX.

Mungkin versi 3D nya Harry Potter ga masuk ke Indonesia kali

ocheholic said...

sejak pulang ke bioskop baru tiga kali doank, hiks hiks hiks

btw sekarang lagi musim pilem 3dimensi yah, keren tapi ko mahal :P

apa kabar mas exort??

Arman said...

film yang gua tunggu2 di 2011 tuh film smurf! :)

r10 said...

inception film favoritku tahun 2010 :D

Ellious Grinsant said...

Dari film-film yang disebutkan diatas, cuma SAW VII, High Lane, sama film2 di INAFF dan JiFFest yang belum ditonton.

Mulai tertarik untuk jadi Volunter di Inaff dan Jiffest. Hihihihi...

alice in wonderland said...

kompakan sama Merry ya nulis tentang film?^^ wah sebenernya saya juga seneg banget nonton film namun sebatas film hollywood, bollywood, mandarinwood ama wood-wood yang lain yang ada di rentalan deket rumah saya (ditanggung asli lhoh^^ walo kadang rada telat). makanya film2 yang diputar di festival2 berasa gak familiar :(
btw nonton film 3D saya kok malah jadi pusing ya @_@

exort said...

@fanny: hehehe terimakasi atas pujiannya

@aulawi: sama2 ay

@cipu: inikan film2 yang diputer di Jakarta

@oche: tehnolginya yang mahal, baik kabarnya

@arman: eh iya smurf juga tuh

@rio: sama

@ellious: ayo jadi volenteernya

@alice: samaan ya? hehehe coba nonton 3dnya di blit deh, dijamin ga pusing

fai said...

gw teteup nunggu PANDA dong, eh 2011 ada sekuel film ARISAN hadoh banyak fil bagus 2011, bisa miskin ini nonton terus