30 December, 2010

Acara-acara di Jakarta tahun 2010

Ada banyak acara yang telah diselenggarakan di Jakarta selama 2010 ini. Dari acara yang bertaraf Internasional sampai yang bersifat lokal. Dari yang bersifat nyeni sampai edukasi.

Dari sekian banyak acara yang ada, ada beberapa diantaranya kurang diketahui banyak orang. entah karena promonya yang kurang atau karena muatannya yang bersifat edukasi sehingga orang males datangnya. Hal ini bisa dilihat saat Green Festival. Acara bagus ini kurang banyak diketahui orang banyak sehingga sepi pengunjung.

Untuk kegiatan yang bersifat kebudayaan juga terasa minim promonya. Terkadang baru terdengar pengumumannya sehari sebelum acara itu diselengarakan atau tidak jelas tempatnya. Seperti Kota Kreatif Jakarta Punya yang minim promo atau adanya Karanval Cap Go Meh dalam merayakan cap go meh atau World Silent Day yang banyak yang ngira digelar di bundaran HI ternyata diadakan di Monas.

Ada juga acara yang digelar oleh para komunitas yang ada di Jakarta. Contohnya saja acara Kumkum yang digelar dari beberapa komunitas Jakarta. Festival Layang-layang Jakarta juga awalnya hanya diketahui antar sesama komunitas pencinta layangan saja.

Ada pula acara yang diusung oleh produksen makanan. Acara yang bertajuk festival makanan ini memang paling gampang mengundang orang untuk datang. Lihat saja dari Fretival, Festival Kuliner Serba Serbu Keju Moo dan Festival Jajanan Bango 2010 yang ramai didatangi orang untuk menikmati makanan-makan yang nikmat.

Yang semakin ramai didatangin dari tahun ketahun adalah acara Festival-Festival Film. Ini dapat dibuktikan dengan semakin ramainya orang-orang yang menonton INAFFF.

Sedangkan untuk pencinta musik, banyak sekali konser-konser yang digelar baik itu konser artis dalam maupun luar negeri. Untuk pencinta musik jazz selain Java Jazz dan JGTC, Sunday Jazz Festival mungkin dapat menjadi pilihan di tahun depan.

Untuk tahun depan Pawai Ogah-Ogoh dan Matsuri (festival kebudayaan Jepang) dapat dijadikan acara yang wajib didatangi. Dan untuk tahun 2010 ini acara Jakarta International Kite Festival adalah acara yang berkesan.


Enjoy Jakarta 2010

9 comments:

Arman said...

AFF gak termasuk nih? hehe

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, kayaknya kamu udah siap jalan2 nih menyambut tahun baru. hehehe.

Aulawi Ahmad said...

enak ye jakarta penuh acara yg menarik, tapi taon baru itu bagiku paling enak naek gunung atau pesta di alam bebas hehe, loe taon baru kemana bro?

minomino said...

penasaran ada apalagi di 2011 nanti...
mupeng nih tiap kesini posting tentang acara2 mulu, kyaaaaaa :D

cipu said...

Xort,

Share ke pembaca dong gimana caranya tahu acara acara yang akan berlangsung di Jakarta. Jadi secara tidak langsung lu kampanye acaranya, sekalian bisa dijadikan ajang kopdar.

Eh, bulan Februari 2011 ada acara apa aja yah *melirik Exort*

Meutia Halida Khairani said...

Green Festival gw datang. Jakarta Culinary juga datang. Tapi film n musik malah ga datang.
Tahun depan ada apa lagi ya??

Sang Cerpenis bercerita said...

met menyambut tahun baru deh.

merry go round said...

Hahahahahaa, ingeeett kosongin jadwal di Februari yaaa... Ngga ada alesan sibuk lagi.

Gue puas banget sama EOS dan HelloFest taun ini dan janji akan dateng lagi di taun depan. Ehm, udah niat mau pake kostum juga buat Hellofest ;)

exort said...

@arman : AFF uda skala Indonesia, ini kan skala Jakarta aja

@fani: uda dong

@aulawi: wah gw duluuu tuh waktu kuliah yang kaya gitu

@minimini: sabar ya, tunggu aja tahun 2011 nanti

@cipu: wah belom tau deh tn febuari ada apaan

@meutia: insya Allah ada

@rosa: insya Allah ya ros :D