22 September, 2010

Festival-Festival Film

Kemarin ini gw abis bersih-bersihin kamar. Ternyata gw menemukan beberapa booklet dari festival-festival film yang pernah gw datengin. Ada booklet yang berasal dari festival film tahun 2005. Booklet-booklet ini tanpa sengaja terkumpul begitu saja oleh gw. Gw emang ga pernah sengaja mengkoleksinya, hanya kalau abis kelar acara festivalnya, bookletnya terkadang masih tersimpan juga. Kalau dilihat-lihat, sepertinya hampir semua festival film besar di Jakarta pasti uda pernah gw datengin. Sebenarnya banyak sekali festival-fetival film yang digelar setiap tahunnya dan inilah diantaranya :


Festival Film Eropa. Ini salah satu dari fesitival film yang gw sukain karena di festival film ini dapat dilihat kehidupan (yang nyaris) nyata orang-orang Eropa (bukan hanya negara-negara besar) yang ternyata juga banyak yang jauh dari bergelimpang uang.

Festival Sinema Perancis. Karena film yang dihasilkan Perancis sangatlah banyak (Perancis merupakan negara ketiga penghasil film terbesar didunia) maka wajar kalau Perancis mempunyai fesival filmnya tersediri. Disini terlihat kalau film-film Prancis mempunyai gaya tersendiri dan dapat menyaingi film buatan Hollywood.

Q Film Festival. Festival film besar yang jarang sekali digembar-gemborkan padal film-film yang diputar disini berasal dari seluruh dunia (termasuk Indonesia tentunya). Film-filmnya sendiri menggambarkan tentang kehidupan GLBT dan Hak Asasi Manusia. Festival film ini akan diselenggarakan akhir bulan ini.

Kids FFestival. Festival film yang baru saja dua kali digelar dan bisa mencuri perhatian. Film-film yang disuguhkan selain bagus ditonton untuk anak-anak tapi juga layak ditonton dewasa.

iNAFFF atau Indonesia Internaional Fantastic Film Festival (d/h Scream Fest) adalah festival film yang paling gw tunggu-tunggu. Karena di festival film inilah banyak digelar film-film bergenre horor, genre yang gw sukai. Tapi sebenarnya di festival ini tidak hanya memutar film-film yang menakutkan saja tapi juga menyuguhkan film-film fantastik dan sci-fi.

JiFFest atau Jakarta International Film Festival. Inilah festival film terbesar dan paling banyak ditunggu-tunggu penggemar film di Jakarta. Selain memutar film-film Indonesia (yang biasanya diputar secara gratis) tapi juga memutar film-film mancanegara. Biasanya film festival ini digelar di bulan-bulan Desember.

Selain dari festival-festival besar seperti yang disebut sebelumnya, ada juga beberapa festival film yang berskala kecil. Seperti Festival Film Animasi Jepang yang baru saja digelar. Festival film Korea yang sudah pasti banyak ditonton oelh para wanita penggemar film seri Korea. Festival Film Turki yang secara kebetulan film-filmnya diputar di GlobalTV pada saat Idul Fitrin kemarin ini. Festival Film Madani yang rencananya tahun ini akan digelar terpisah dari Jiffest.

Kalau dari jadwal yang sudah-sudah bulan-bulan Oktober sampai dengan Desember adalah bulan-bulannya festival film. Jadi buat yang menyukai atau penasaran mau nonton film festival siap-siap aja buat nungguin acara ini digelar.


Banyak pengetahuan yang bisa didapat dari film

23 comments:

merry go round said...

pokoknya lo kudu,musti,harus,wajib sms gue kalo ada fest film yg mau dputer.plus gue titip tiketnya pake blitz card lo ya :p
gw udah sakau sm fest film nih.bosen bgt saban hari dsuguhin film hollywood mulu.

Elsa said...

pingin banget bisa ikutan nonton festifel film gitu...
apalagi film film non hollywood.
soalnya bosen sama hollywood

BABY DIJA said...

Dija belom ngerti film Om...

atanotonogoro said...

setuju tapi film film bermutu ya jangan kaya film indonesia yang isinya setan semua -,-

Aulawi Ahmad said...

sayang acara spt itu masih terfokus di jakarta ya, terlihat ketidakadilan disini wkwkwkw

Sang Cerpenis bercerita said...

tks infonya.

Cipu said...

Film teman gua judul nya Munafik akan diputar tuh di Q Festival. Settingnya di Melbourne :)

Ntar kalo gua balik, kita sama sama menjelajah festival film yah :D

joe said...

kalau yang diadakan di Indonesia kayaknya gengsinya masih kalah dengan yang di luar misalnya Festival Film Chanes

ad said...

festival film India ama thailand gak ada ya?
kasih tau ya kalo ada festival film korea...

exort said...

@rossa : sip nt gw kasih tau

@elsa : kl gitu ntn film indonesia aja kan non hollywood

@dija : nanti ya, kl uda besar dija baru boleh nonton

@atonogoro : sebeneran ada juga kok film indonesia yg bagus

@aulawi : heheheh sebenernya ada kok yg diputer didaerah2 seperti bandung, denpasar, eh palemabang ada ga ya?

@fanny : sama2

@cipu : wah mesti ditonton, yuk nt kitaa plus rossa ntn fest film

@joe : semoga saja nantina seperti itu

@ad : boleh, nonton bareng aja nanti

Arman said...

menarik ya... gua belum pernah pergi ke festival film...

Meutia Halida Khairani said...

tahun lalu sewaktu maen ke jkt (blm tinggal di jkt waktu itu) sekitar desember gw liat ada jiffest itu di grand indonesia. tapi baru ngeh kalo sekarang2 kok ngga ada ya.. ternyata emg diputarnya pas desember. ntar lagi dunk... aseekk

Alris said...

Wah mantap semua itu, bro. Ngiler saya...

bliyanbayem said...

wah, banyak juga ya mas...

paling sering denger beritanya sih jiffest. ^_^

Sang Cerpenis bercerita said...

hmm..jadi inget tadi ke mal ambasador, nemenin temanku beli DVD. eh, aku dpt gratis satu dvd dari dia. hehe. 3 idiots filmnya. hehee..ntar mau nonton tuh film akkh

four dreams said...

wih mantep nih sob, harus nunggu bulan desember

Anonymous said...

Hehehe.....exort yang emang addict sama nonton...that so you...

Btw, masih tiap minggu nonton gitu?

-LH-

pelangi anak said...

Penjelajahan ke festival film udah meluas tuh, pastinya sudah banyak pengalaman dan pengetahuan yang dilahap ni...

pelangi anak said...

Penjelajahan ke festival film udah meluas tuh, pastinya udah banyak pengalaman dan pengetahuan yang dilahap ni...

exort said...

@arman : elo harus nyobain nonton film di festival film

@meutia : tunggu aja diawal desember

@alris : silahkan disantap

@bliyanbayem : karena jiffest yang terbesar

@fanny : lucu tuh filmnya

@fourdream : bntr lagi kan

@-LH- : masih dong :)

@yulinda : heheheh gitu deh

Si Ker Put said...

cottt.. kapan nonton film lagi ??? lagi ada film festival juga tuh, tapi gue belom ngecek jadwalnya

Si Ker Put said...

cottt.. kapan nonton film lagi ??? lagi ada film festival juga tuh, tapi gue belom ngecek jadwalnya

tukangpoto said...

Berarti sumber resensi filmnya banyak nih,mas..:)