02 March, 2010

Karnaval Cap Go Meh

Pas gw ngeliat prayaan Tahun Baru Imlek, gw emang uda niatin mau liat prayaan Cap Go Meh. Kebetulan hari minggu kemaren yg bertepatan dengan perayaan Cap Go Meh, diadakan Karnaval Cap Go Meh di daerah Pecinan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Utara. Gw datang sampe sana pas karnaval lagi dimulai.

Karnaval ini diikutin oleh perwakilan Klenteng2 sejagotabek. Para peserta membawa umbul2 kebesaran dan tandu yg berisi patung para Dewa dan sesajen.

Ternyata ada juga org dengan pakaian tradisional Tionghoa yg ditandu. Yg uniknya mereka duduk dan berdiri di atas pedang yang merupakan alas tandunya.

Yg serunya lagi, ada beberapa orang yg pipinya ditusuk-tusuk.

Perayaan China ga pas tanpa adanya Barongsai dan Liong (ular naga). Pas gw mau foto sepasang barongsai langsung bersujud didepan gw hehehhe jd ga enak disujudin ama barongsai.

Penonton yg sebagian besar keturunan Tionghoa berusaha memasukan angpao ke tandu yg berisikan patung dan sesajen. Selain itu para penonton juga diberi kesempatan untuk menggotong tandunya. Sebagian lagi berjalan mengiringi tandu sambil berdoa.

Diakhir karnaval, para peserta yg rata2 berbaju merah terlihat kelelahan tp berwajah senang. Tandu2nya pun disimpan untuk dipakai di upacara lainnya




Cap Go Meh adalah hari ke-15 dan hari terakhir dari perayaan Imlek bagi komunitas kaum migran Tionghoa yg tinggal diluar China (dari wikipedia)

17 comments:

Dimas said...

kebagian angpao ga tuh..hehe..

Sang Cerpenis bercerita said...

aslii..elo selalu manfaatin liburan dg baik. selalu pergi ke tempat2 dan melihat hal2 yg beda. saluut.

exort said...

@dimas : maunya sih kebagian tp apa daya...hehehehe

@fanny : kebetulan aja fan lg ada momentnya

cipu said...

temenku main kesana pas cap go meh kemarin, kulitnya sampe gosong saking panasnya :D

Pekanbaru Riau said...

waah.. meriah banget acaranya mas...
salam kompak aja dri Pekanbaru ya.. :D

Batz said...

wah rame benar ya cap go meh di jakrta.. di medan sepertinya tidak begitu banyak festival..

Arman said...

wah keliatannya seru ya...

ad said...

kayanya kali ini bebas dari bau asep n hio nih...:)

richo said...

walah yang di tusuk pipine ngeri bro..... mending ngikut makan2 wae kalo ada heheh

exort said...

@cipu : masa sih? untung gw ga gosong (uda gosong duluan sih heheheh)

@pakanbaru : iya nih, meriah

@surya : itu kan didaerah Pecinan jdnya keliatan bgt ramenya

@arman : bukan keliatannya tp emang seru kok

@ad : hehehe iya krn diruang terbuka

@richo : heheh sayangnya ga ada acara makan2nya

merry go round said...

Wah seruuu....

Aulawi Ahmad said...

bisa ngeliat secara langsung asyik juga ya bro, sayang gak ade foto amoy nya hehehe

Sang Cerpenis bercerita said...

met siang. maaf baru kemari lagi.

richo said...

waduhhh padahal aku laper nih ehhehe

exort said...

@rossa : tul bgt

@aulawi : ada sih foto amoynya tp takut nant dituntut menyebarkan foto tanpa seizin yg punya hehehet

@fanny : gpp fan

@richo : hehehe cari diwarung aja

Dimas said...

mas exort di bagian mana nih, yg ada didalam barongsai itu y...hehehe..

richo said...

siap mana duite tapi.....heheheh