22 March, 2010

Ujian Nasional

Hari ini Ujian Nasional sedang dilakukan. Gw ga tau pasti kenapa juga Ujian Nasional jd topik pembicaran. Bukannya dari dulu pendidikan Indonesia selalu ngadain ujian2? Apa salahnya dengan ujian2 itu? Bukan malah bagus, dengan ujiankan jd ketawan samapai sejauh mana kemampuannya dalam mempelajari bahan pelajaran selama ini? Kenapa sih sampai jd bahan perdebatan? Gw jadi keinget masa2 gw duuulllluuuuuuu sekolah.

Waktu SD gw tergolong murid yg pinter. Ga pinter2 banget sih tp lumayanlah. Gw belajar tanpa diajarin n disuruh siapa2. Gw inget dulu kakak2 gw kl belajar harus ditemenin dan diajarin Mama, sedangkan gw belajar aja sendirian. Gw sendiri kl belajar kl pas mau ulangan. Kayanya dulu gw belajar aja langsung masuk ke otak. Dari kelas 1 sampe 6 gw selalu 10 besar dan beberapa kali gw rangking 3, padahal kl dilihat ama keluarga gw, gw jarang belajar.

Lulus SD gw masuk ke SMP Negeri yg unik. SMP gw ga mengenal ujian kenaikan kelas. jadi setiap ulangan harian adalah ujian. Hal ini menyebabkan para pelajarnya terpacu untuk belajar tiap hari. ga ada tuh ngerasain ujian berturut2 selama seminggu pas mau kenaikan kelas. Ujian bersama cuma diadakan pas mau lulus SMP. Mgkn krn uda terbiasa dan tercicil belajar tiap hari jd pas mau ujian akhir SMP gw santai2 aja belajarnya.

98% temen2 SMP gw masuk ke SMA yang sama. Walau SMA tertua di Jakarta, kurikulumnya sama dengan SMA2 yg lainnya. Di SMA ini gw baru ngalamain ujian semesteran dan kenaikan kelas. temen2 SMP gw yg dulu ga ngerasain seminggu ujian kenaikan kelas, mulai kelimpungan. Disini keliatan jelas setiap menjelang ujian, para siswa di SMA gw mulai sibuk. Ada siswa yg siap ujian ada yg ga siapa. Ada yg santai2 aja ada yg grasak grusuk. Gw sendiri waktu SMA ga nyadar kl tiap kali ujian kenaikan kelas gw pasti sakit. Entah itu yg tiba2 bersin2, pilek, ingusan yg teramat sangat banyak, demam dan sejenisnya. Mgkn gw terserang penyakit stres ujian karena setelah ujian gw langsung sembuh. Padahal gw sendiri uda belajar dan siap2 aja. Dan hasilnya gw naik2 aja tuh, ga pernah ga naik kelas. Hal ini berlanjut sampe gw mau UMPTN. Sehari sebelum UMPTN tenggorokan gw tiba2 luka sampe berdarah parah. Apesnya gw jd ga lolos UMPTN. Untung keluarga gw ngerti krn pas UMPTN gw emang lagi sakit.

Masa kuliah adalah masa2 metode belajar gw berubah. Di jurusan yg gw ambil, mahasiswa disini selain belajar di kleas tapi juga belajar di laboraturium dan di lapangan. Ujiannya pun dilakukan di kelas, di laboraturium dan di lapangan dengan metode ujian yg berbeda2. Disini gw keliatan nilai gw tinggi di laboraturium apalagi dilapangan, sedangkan dikelas gw biasa2 aja. Mgkn karena suasana dilaboratriun dan dilapangan beda banget ama kelas jadi gw lebih santai. Ketika semester 5 gw kebetulan diminta jadi asisten di laboraturium dan di lapangan, mulai deh gw ngajar. Karena uda ngajar gw mau ga mau harus ngetes mahasiswa yg gw ajar dengan kuis dan ujian tentunya. Katanya sih gw kalau ngajar enak sampai2 pada berebutan masuk dikelas gw. Tp kalau lagi ngawas ujian, gw dibenci karena gw tau dengan pasti mana yg nyontek mana yg ga. Gw bisa tau karena gw juga pernah nyontek juga lah..hehehhe….


Tau perbedaan antara murid, pelajar dan siswa?

26 comments:

andri said...

emang kuliah dmana?knp gak ngajar lagi?lumayan buat tambahan...:)

merry go round said...

Hohooo...ujian dan kembali ke bangku kuliah ya....

Percaya ngga klo SPMB (UMPTN) itu penuh dengan faktor X? Kelulusannya nga cuma ditentukan oleh keenceran otak, tapi banyak hal nga penting lain yg ngaruh bgt. Saya juga waktu SPMB mendadak sakit, but dunno why I pass the test :D

Batz said...

kalo menurut gua sich kelulusan itu semua juga ada faktor luckynya..so tidak melulu kepintaran :)

Sang Cerpenis bercerita said...

mamamu mesti bersyukur ya punya anak yg gak usah ditemani belajar. juara kelas terus lagi.

Sang Cerpenis bercerita said...

hebat dong ya. berarti otaknya cerdas.belajar kalo pas mau ulangan aja. btw, kuliah jurusan apa sih?

ALdO AKiRA said...

UjiaN, sAAt-nyA meNuNjuKkaN KePiNtaRaN beLaJaR aNdA..
AyO GuYS! ~kaMu PaSti biSa MeLaLUi seMuAaa..
GaMbaTte Ne!

(^.^)v

ALdO AKiRa:
www.aldoakira.blogspot.com

Aulawi Ahmad said...

seru banget dgerin ceritamu bro hehehe,sama tuh gue pas sd pasti rangking terus, eh pas kuliah amburadul hahaha, btw tq dah berbagi :)

cipu said...

"nyontek" is my middle name

Okkots said...

jadi pengen SMA lagi...... :p

Arman said...

Tau perbedaan antara murid, pelajar dan siswa?

beda huruf ya.. :D

exort said...

@andri : di univ swasta di daerah grogol sana....kl bs sih maunya ngajar tp....

@rossa n surya : gw setuju bgt, banyak faktor x nya juga tuh disana (sayang ga ada faktor eXort ya hehehe)

@fanny : ga cerdas tp kebetulan bisa aja kok hehehehe anaknya uda banyak jdnya gw yg ga kepegang deh hehehe

@aldo : semangat...

@aulawi : waktu kecil kita belum terkontaminasi kali ya hehehe

@cipu : mmm sepertinya sebentar lagi gw tau nama lengkap asli elo deh :)

@okkots : iya, jadi pingin SMA buar bs mina uang lagi hehehe

@arman : kl ngeh perbedaannya ada tuh gw tulis di tulisannya :)

Dimas said...

ternyata sobat ini termasuk yg berotak encer juga ya hehe...

aguessty said...

gw kalo ujian santai aja engga pernah belajar.......tapi lulus2 aja tuh.....:)

secangkir teh dan sekerat roti said...

deket deket ujian itu saatnya main gitar...!
hahah!
enjoy the judgment day!

richo said...

wah klo masalah nyontek aku jg sering bro, membantu orang tua heheh( alibyne gt )

fanda dan fanny said...

o bukan deh, kan punya adik ya. tapi itu berarti cerdas lho. bukan kebetulan.

Sang Cerpenis bercerita said...

emang kamu anak bungsu?

Negeriads.com Solusi Berpromosi said...

SEmoga yang mngikuti ujian nasional saat ini bisa lebih kosentrasi lagi ..., biar nilainya bagus...
salam kenal dan salam hangat dari blogger Bali....
Izin folow juga yah...
hihihihihihihi....

exort said...

@dimas : hadoh....otak gw padat kale....ga kebayang kl otak gw encer ky cairan heheheh

@agus : hehehe cool

@cangkir : elo mau ujian gitar ya?

@rciho : hehehe bisa aja lo

@fanny : bukan

@f2 : makasi atas pujiannya

@radhitya : amin...makasi....salam hangat juga

Dimas said...

kunjungan rutin biar ketularan pinter wkwkw...

fanda dan fanny said...

updateee...

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, kapan2 cerita soal cinta dunia maya kamu ya? seru juga tuh kyknya. hehehe

Alrezamittariq said...

setuju bro...ujian tuh tiap hari..jadi belajarnya juga tiap hari...bukan ditentuin dalam seminggu aja...

ninneta said...

Guys,

Support The Earth Hour, by turning off all the electricity for an hour on Saturday, March 27'th 2010, 8.30 pm.

Dukung The Earth Hour, dengan mematikan semua lampu dan listrik selama 1 jam, pada hari Sabtu, 27 Maret 2010 mulai dari jam 20.30 malam.

This is the least we can do....


Love the Earth...

Ninneta

neng rara said...

assalamualaikum..
seneng banget terdampar kembali di blog bang exort. wuiihh..pengalaman sekolahnya oke nih bang. ga perlu di temani lg kalo belajar, kecuali sama pacar ya ? heheheh..
salam

exort said...

@dimas : hadooww gw ga pinter ah...

@fanny : ya....liat nt ya fan :)

@f2 : bete kmrn2 ga bs update

@alreze : tul

@ninneta : sip....save our planet

@neng rara : kl ditemenin ama pacar jdinya ga belajar dong hehehe