06 April, 2010

helm

Dari 1 April kemarin para pengendara motor (di JaDeBoTaBek, gw ga tau deh diluar itu) diharuskan mematuhi peraturan baru mengenai penggunaan helm. Peraturan ini mewajibkan bukan hanya pengemudi motor tp juga penumpangnya, menggunakan helm yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Helm yang memenuhi SNI ini adalah helm yang fullface dan halfface dengan cangkang yg kuat serta bila pembuatan setelah tanggal 1 April 2010 harus ada tanda SNI. Karena diakui bahan bakunya mahal maka helm2 ini dapat dipasti berharga minum 65rb, bila ada yg menjual dibawah 65rb dan ada tanda SNI dapat dipastikan itu helm palsu. Untuk helm import sendiri, bila diimport setelah tgl 1 April 2010 harus juga ada tanda SNI karena bila tidak maka helm itu adalah helm selundupan.

Seperti biasanya, setiap keluar peraturan baru pasti ada yg pro dan kontra. Buat gw sendiri sebenernya ga masalah karena gw sadar jg pentingnya helm yg kuat yg dapat melindungi kepala. Buat gw sendiri gw punya dua helm yang (menurut gw) uda memenuhi SNI walau gw beli jauh sebelum peraturan ini dikeluarkan. Gw sendiri uda merasakan ampuhnya helm fullface gw waktu gw tergelincir dari motor.
Selain kedua helm itu, gw juga punya helm helm cetok. Hel cetok ini selalu ada dibagasi motor Honda gw buat jaga2 kalau ada yg mau numpang (gratis tanpa bayar tentunya, gw kan bukan ojek hehehe). Karena uda jelas2an helm cetok ga memenuhi SNI berarti gw ga bs lagi bawa helm cetok. Kakak gw yg suka nebeng pas pulang kantor ama gw ini (yaaa..ketawan deh siapa yg sering numpang ama gw) suka parno kl ngeliat polisi2 di sepanjang jalan Sudirman – Thamrin. Jadinya begitu ada peraturan ini dia langsung beli helm halfface tanpa bilang2 ke gw dan nyuruh gw buat bawa2 helm itu sehingga dia bisa tenang ngebonceng ama gw.

Mau2 ga mau buat nyenangin kakak gw ini (dan memenuhi paraturan baru tentunya), gw ngebawa helm pemberian kakak gw ini. Yang jadi masalah adalah gimana gw ngebawanya. Helm ini jelas ga bisa masuk ke bagasi motor gw. Gw juga ga punya sangkutan barang yg ada dibawah stang. Lagian kl gw gantung n tau2 kehujanan helm itu pasti basah kemasukan air hujan. Akhirnya gw taro dijok belakang gw dengan diikat pake jaring karet. Ternyata ini ngerepotin gw kalau mau naik n turun motor. Kaki gw yg ga panjang ini susah banget ngelewati tinggi jok motor plus helm buat naikin motor (huff….susahnya jadi orang yang ga tinggi).


Naik motor? Jangan lupa pake helm

21 comments:

ALdO AKiRA said...

PaKai HeLM dOooNg beiBy..
biaR SaFEty..
naNti HaMiiiL RePoT..
hahaahahahhhaha..
itU HeLm yaNg LaiN yAaah?
(^.^)v

www.aldoakira.blogspot.com

Aulawi Ahmad said...

kalau disby itu dah dari 2007 (kalau gak salah) dah diterapin, tapi di plmbg belum hehehe. btw cantelan beli aj bro khusus mtr cowok atau pake sistem bagasi ala motor gede hehehe

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, jgn bilang gitu dong. aku juga gak tinggi nih. hehee..kapan2 nebeng motor sama kamu deh. hahaha...

Psychosocial said...

btw, headernya baru cuy....

Psychosocial said...

saya juga punya helm SNI, tapi harganya sekitar 60ribuan. Asli apa palsu ya??

minomino said...

yiap, demi keselamatan, pakailah helm SNI! *iklan layanan masyarakat

Call me Batz said...

beli motor bergarasi yang lebih besar aja..he he..beres kan?

Dimas said...

terakhir kemaren helm harus standar sekarang diperketat lagi jadi harus SNI aduh ada2 aja deh, tapi sebagai masyarakat yg taat hukum dituruti aja hehe...
ga pake helm SNI apa kata dunia...

Dimas Jr. said...

berkunjung ya ke blogku yg baru...
blognya sudah difollow, klo berkenan follow balik ya...

merry go round said...

Nebeeeeeeng :) :D ;)

andri said...

ah helm yg coklat gak memenuhi standard tuh...emang udah di test jatoh tuh helm?hehehe

exort said...

@aldo : hehehe

@aulawy : kl ga salah sby emang jd kota percobaan untuk motor, lampu motor dihidupkan juga pertama kali diterapkan di sby

@fanny : yuk sini gw boncengin

@psycho : asli kok, lgsg kesana

@mino : sip

@surya : beliin ya

@dimas : setuju

@dimas jr : ok lgsg kesana

@rossa : mmm....kapan ya bisa ngeboncengin seorang rossa...*ngelamun*

@andri : standar ah

Arman said...

helm nya dimasukin plastik trus suruh kakak lu aja yang bawa... hehehe

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, asik mo diboncengin. gak pake ngebut kan? hehhee..btw, tks ya sudah jadi nenek2 buat gue. eh, kakek deh.hi hihi....udah mendingan kok, cuma masih gak nafsu makan aja. kalo ngeblog..ya jalan terus, kan sambil tiduran gitu.

richo said...

yah dari pada duit di kasi bang pol mending buat jajan bro.... so ngikut aturan aja heheheh..... cantolan helm banyak bro, klo masih ribet stnk motormu di tukerin aja ama stnk honda jazz :) wuenak mesti

richo said...

pinjem helm na bro satu punyaku kerendem air hehhe

Sang Cerpenis bercerita said...

met siang aja. kirain udah update.

Seiri Hanako said...

koleksinya ada yang warna pink, nggak?

I Am said...

Semua jg d wajibkn pake helm it. *soktau* *ngook*

richo said...

absen bro...... aku hadir, mo ngambil jatah makan siang heheh

- H - said...

gw?? gak bisa bawa motor.. hauhaua tapi kalo dibonceng gw suka :p