15 April, 2010

Lampu Merah

Disadari apa ga, lampu merah di Jakarta menjadi lebih lama semenjak koridor busway dibangun dimana2. Gw inget banget dulu waktu kecil, bokap gw suka nyuruh gw ngitung tiap berenti dilampu merah. Biasanya baru 30an tau2 uda jalan. Sekarang dengan dipasangnya timer digital, bisa diliat berapa lamanya lampu2 merah yang dijalan2 besar di Jakarta.

Tadinya gw pikir lampu merah di perempatan harmoni yang dari monas menuju pasar baru yang lama ternyata lampu merah di perempatan Senenlah yg luaaammmaaa banget. Bukan cuma gw aja yang bilang, gw sempat gooling bahkan lampu merah perempatan Senen ini dibilang lampu merah terlama di Indonesia. Lampu merahnya selama 360an detik alias 6menitan. Lampu merah yg lama ini ga sebanding dengan lamanya lampu hijau. Untuk lampu hijau yg dari arah Salemba menuju Gunung Sahari dan Cempaka Putih hanya berselang 70 detik saja. Bandingin lamanya nunggu lampu merah dengan waktu lampu hijaunya. Udah lama2 nunggu ga taunya ga kebagian lampu hijau, harus nunggu 6 menit lagi….huff

Lampu merah digital yang hampir dipasang di seluruh jalan besar di Jakarta ini mempunyai dampak negatif dan positifnya. Banyak yang bilang dengan adanya digital yang menghitung mundur membuat orang2 yang sedang terburu2 menjadi tambah stres. Banyangkan kalau lagi kebelet banget pingin pipis. Uda diujung. Trus tau2 kena lampu merah. Mau ga mau pasti akan ngeliat angka2 yang bergerak mundur. Satu demi satu. Dijamin walupun cuma 60 detik aja akan jadi berasa sejam.

Disisi lain untuk orang2 yang tidak dikejar waktu, dengan adanya penunjuk waktu bisa jadi sangat berguna. Dengan taunya berapa lama lagi lampu hijau, nunggu lampu hijau bisa dipakai dengan santai untuk smsan, bbman atau bertelponan. Atau bahkan seperti orang yang baru aja gw liat di perempatan Senen menuju Gunung Sahari. Karena dia berada dibarisan paling depan gw tau pasti dia kena pas dari awal lampu merah. Jadi wajar aja kl dia matiin mesin motornya, standarin motornya, lepas helm, berdiri dengan santainya dan ngerokok sambil menunggu lampu hijau yang masih 6 menit lagi.




Tik tak tik tak….dan waktupun berjalan dengan pelan….

15 comments:

Call me Batz said...

n u sendiri ..6 menit itu digunakan untuk foto n hitung serta catat lamanya lampu merah ya..ha ha..ide yang bagus selama menunggu,,

Arman said...

hah? gile lampu merahnya 6 menit??? lama amatttt... apa gak jadi numpuk parah tuh macet kebelakang?

tapi bener tuh lampu merah di indo banyak yang jadi lama. gua inget banget karena kemaren ini pas pulang indo nginep di krekot, itu lampu merah perempatan gunung sahari yang dari arah pasar baru ke angkasa (prj) itu jadi lamaaaa banget merahnya. dulu gak selama gitu dah...

aulawi ahmad said...

emang lampu merah sekarang suka nyebelin n bayangi yg dijkarta pasti lebih ribet spt katamu, wong di plembang aj dah begitu hehehe, tq dah berbagi :)

richoyul said...

yah klo kebelet pipis bilang bang pol aja, ijin pipis dulu gt heheh.... buset lampu merah 6 menit bro, bisa buat ngopi dulu tuh

Sang Cerpenis bercerita said...

emang paling sebel kalo lampu merah kelamaan. di daerah sunter juga gitu. dari arah mitra kemayoran lurus ke sunter, itu lampu merahnya lamaa. belum di jembatan dekat griya inti sentosa, juga ada lampu merah. bikin bete dan bosan banget.

waroeng coffee said...

lampu merah memang ngeselin, waktu merah ama ijo kadang terlalu kontras perbedaannya hehehe, tapi apa traffic light di indo ini dah diatur kayak difilm2 itu ya? punya pusat kontrol yg dah canggih namun bisa dihack hehehe

I Am said...

Yg ngerokok it bkn ngakak. Kok kepikiran gt! Doh*

minomino said...

wow, lama amaat...bisa2 ketiduran klo lampu merah selama itu,,,ckckckck

exort said...

@surya : biasanya sih nunggu sambil ngupil hihihihi

@arman : disitu juga termasuk lampu merah yg lama

@aulawi : palembang kan juga kota besar pasti uda macet disana sini juga

@richo : kl yg dimobil bs dipake buat makan juga tuh

@fanny : lampu merah yg dijembatan yg jalanannya rusak itu ya? disana emang juga lama fan

@warcof : kenapa? elo mau ngehack ya?

@iam : gara2 uda sering lewat sana jdnya kepikiran deh tuh

@mino : tul bgt

merry go round said...

Udah pernah ngrasain lampu merah Golden Truli - Gn. Sahari blm? Deeuu...itu juga parah bgt, apalagi volume kendaraannya cukup banyak, jadi musti ngantri 30menitan baru bisa lewat (stress banget).

Untuk timer, kadang klo udah mepet hijaunya pengemudi bis dan angkutan umum suka tambah ngebut, serem bangeeeett....tapi enak untuk pejalan kaki seperti saya yang harus nyebrang kesana-sini, lebih aman aja gitu rasanya :)

richoyul said...

bikin kafe lampu merah aja klo gt, enjoy in 6 minutes gt.......:)

andri said...

pantes aje loe nanya2 gw berapa lama tuh lampu merah ama ijo simpang lima senen,mentang2 gw tiap hari pulang lewat situ...beruntunglah yg jarang lewat sana...tp gw selalu punya trik khusus kalo lewat sana...hahahaha

cipu said...

Setujuuu... lampu merah senen SUCKS... Paling lama... makanya setiap kali akan lewat senen, gua udah stres duluan. Hehehehe.

Exort, biasanya kalo di lampu merah Senen ngapain hayooooo??

cipu said...

Mulai sekarang saya akan mencoba memperhatikan lampu merah ah.... kali penelitian ini bisa dilanjutkan ke tingkat yang lebih serius :d

ekky said...

hahaha.. boleh juga tuh ya si mas-mas yang ngerokok dulu itu. gimana kalau main kartu dulu aja? hahaha..

nice blog mas. :D