14 February, 2010

ke klenteng

Berawal dari gw suka ngeliat pernak pernik Imlek, liburan Imlek tahun lalu gw diajak temen gw untuk jalan2 ngeliat Klenteng Tertua di Jakarta, yaitu Klenteng Jin De Yuan atau yg sekarang dikenal sebagai Dharma Bakti. Klenteng ini berada di Petak Sembilan, Glodok Jakarta Utara. Bangunan ini lebih menyerupain kompleks klenteng karena memang terdiri dari beberapa bangunan klenteng. Bangunan yg didominasi warna merah ini pas gw dateng rame banget. Selain rame dengan orang2 yg mau sembahyang, rame dengan para fakir yg duduk ngantri untuk dapat angpao serta rame dengan orang2 yg cuma ngeliat2 dan motrat sana sini (gw termasuk yg ini lah heheheh).

Jujur aja gw suka ngeliat ornamen2 yg ada diklenteng ini, seperti patung2 para dewa (sori gw ga tau nama2nya), lilin2 yg besar banget (sampe 2 meter tingginya dgn diameter lbh dr 0.5 meter) serta detail2 yg ada. So dengan bermodalkan cameraphone kesayangan gw, gw pun asik moto2 tanpa berusaha mengganggu para pengunjung yg sedang doa.
(Click here to see more my pictures at Klenteng Jin De Yuan)

Karena serunya tahun lalu, Imlek tahun inipun gw merencanakan untuk berkunjung ke klenteng2 lagi untuk meliat kemeriahan tahun baru China ini. Gw ke kleteng Dharma Bakti lagi. Bedanya kl tahun lalu gw kesana disiang hari pas Imlek, sekarang gw datang pas malam menyambut Imlek, alias malam minggu. Ternyata keadaan klenteng dan sekitarnya dimalam menyambut Imlek ini meriah sekali. Di pintu masuk jalan Petak Sembilang, lampion2 yg bergelantungan membuat nuasa pecinannya menjadi lebih indah. Diklentengnya sendiri ternyata uda rame banget. Lebih rame dan meriah dari tahun lalu waktu siang2 kesini. Mungkin karena malam hari, susana meriahnya berbeda dengan tahun lalu. Lampu2nya dinyalain membuat bangunan tua ini menjadi lebih indah. Api2 dari tunggu pembakaran dan lilin2 yg ada membuat suasana menjadi semarak.

(Click here to see my pictures at Klenteng Dharma Bakti)

Besok harinya alias tadi pagi pas Imleknya gw pun berkunjung ke Klenteng Da Bo Gong Miao atau yg lebih dikenal dengan Klenteng Bahtera Bakti Ancol. Klenteng ini kalau ga salah adalah klenteng tertua nmr 2 di Jakarta. Berbeda dengan klenteng Ji Den Yuan, kleteng ini sudah ditambahi dengan beberapa bangan baru disekitarnya, sehingga kesan tuanya sudah kurang tampak lagi. Diklenteng ini juga terdapat beberapa kuburan tua yang dikramatkan. Dari cara sembahyangnya, kedua klenteng ini hampir sama, yaitu bakar dupa, sembah para dewa yg diwakili oleh patung2 yang ada setiap ruangan dan bakar kertas. Hanya saja diklenteng gw liat ini ada beberapa orang yg melepaskan burung2 gereja dikolam disebelah klenteng ini. Mungkin karena klenteng ini kurang terkenal dimasyrakat awam, jadinya diklenteng ini tidak seramai klenteng Ji Den Yuan. Orang yang datang kesini selain para pedagang makanan dan souvenir adalah orang yg memang mau sembahyang. Sepertinya yg pengunjung biasa adalah cuma gw dan temen gw aja.

(Click here to see more my pictures at Klenteng Bahtera Bakti)

Anw kalau mau ke klenteng2 pas Imlek seperti yg gw lakuin, harus siap2 untuk tahan asap. Asap diruangan doa bahkan diluar ruang doa sangat tebal, gw aja sampe beberapa kali mengeluarkan air mata karena perihnya. Dan tentu aja harus siap2 pulang dari sana seluruh badan sampe rambut juga jadi berbau dupa.


Gong Xi Fa Cai

22 comments:

merry go round said...

Seru!!! saya juga niatnya mau main ke klenteng di daerah Glodok, itu tuh yang tempatnya mencil di antara dua bangunan tingkat nan tinggi. Lupa namanya, tapi klentengnya pernah masuk ke Kompas. Tapi sampe sekarang blm kesampean. Hiks....

Aulawi Ahmad said...

mantap bro, gong xi fat cai :)

exort said...

@rossa : yg mana tuh klentengnya? kl bagus nt blh juga main2 kesana

@aulawi : gong xi juga ya

Hesty Wulandari said...

petak sembilan sering dibahas di milis jalansutra, tapi sampai beberapa kali main ke jakarta saya belom sempat main kesana..maybe next time...btw, pulang-pulang aroma baju dan hio dah ga bisa di bedakan dong? he he

Arman said...

jadi inget dulu pas masih kecil, tiap imlek pasti diajak bokap ke klenteng. dan pas keluar, pasti udah berderet orang yang minta2 tuh di depan klenteng. hehehe.

tapi setelah gede dan pindah jkt udah gak pernah ke klenteng lagi....

gong xi fa cai!

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, aku juga gak tahan sama asapnya kalo ke klenteng. kamu rajin banget ya, ngamati gedung2 spt klenteng, musium,dll. jadi pengen ikutan nih.

ad said...

penasaran klenteng ceng hoo ya di semarang n surabaya...kpn bs kesana ya..

richo said...

wah wisata kelenteng neh.... banyak makanan dunk heheh

Henny Y.Wijaya said...

enak diliat kalo rame..sedangkan di kotaku sepi melulu

Anonymous said...

ih..so romantic deh....valentine at klenteng....

exort said...

@hesty : emang terkenal tuh klenteng, sering dibahas kemana2, seluruh badan uda bau hio semua

@arman : kl dipetak sembilan, kaum fakirnya uda teratur rapi, tp kl di ancol diluarnya banyak tuh, gong xi juga ya man

@fanny : gw juga ga tahan fan, tp krn emang suka liatnya jd asik2 aja, yuk kpn2 jalan2 bareng :)

@ad : yg di Semarang katanya lebih bagus

@richo : ga brani makannya

@henny : gw sempet mikir mau kesana pas sepi, pasti asik juga, tp kayanya ga dibuka buat umum

@anonymous : hehehe, anw kok ga ngasih namanya?

aguessty said...

pengen juga ke kelenteng jakarta,
tapi kalo yang di beijing gw udah pernah
gong xi fat coi..........

richo said...

gpp bro..... rasain aja pa efeknya tar,abs tuh cerita yah heheh

exort said...

@agus : kl di beijing pasti suasana imleknya berasanya ga cuma di klenteng kan?

@richo : efeknya paling2 kenyang tp ga blh ama agama gw hehehe

Sang Cerpenis bercerita said...

he he he..jarang lho gue ketemu anak muda yg hobi menjelajah gedugn2 unik spt klenteng, musium,dll. hobi spt ini bagus juga. jadi tahu budaya etnis lain ya.

- H - said...

oh i see..

gw kira lu buddist :)

richo said...

bro ada kiriman tag yah.... diambil di postinganku Tag Food For Soul

exort said...

@fanny : heheheh gw termasuk makhluk langka dong

@huang : gw bukan buddist, ga masalahkan? anw tx uda berkunjung, sering2 ya :)

@richo : sip, gw ambil deh

berita untuk negri said...

GONG XI FA CAI selamat merayakan imlek
salam persahabatan

- H - said...

napain masalahin lu buddist atau kaga.. rasis tau.. hehe

exort said...

@hendro : salam ersahabatan juga

@huang : gw ga masalahin kok, elo yg nanya2 dan gw ga rasis, kl gw rasis ga mgkn gw ke klenteng

- H - said...

yup2 betulbetulbetul :D

selamat siang bang exort :p