21 May, 2010

Air Mancur Joged Monas

Waktu gw posting tentang Dancing Fountain di Grand Indonesia, sepertinya banyak yg heran dengan istilah 'air mancur joged' bahkan kayanya ada yg ngira kalau istilah itu gw yg buat. Sebenernya isitlah air mancur joged uda ada lama kok. Awalnya ketika tahun 80an (atau bahkan 70an) di Monas ada air mancur yang tidak hanya disemprotkan dari bawah ke atas saja, tapi juga bergerak-gerak ke kanan dan ke kiri. Karena setiap pertunjukannya selalu diiring oleh lagu (dangdut) jadi seperti berjoged. Dari sini lah istilah air mancur joged itu berawal

Waktu gw kecil, gw pernah diajak nonton air mancur joged ini bereng ortu gw. dulu air mancur jogednya bener2 sederhana aja. Cuma air mancur yang disemprotin dari dalam kolam. Trus semprotannya cuma goyang2 ke kanan ke kiri aja dan selama pertunjukan ada musiknya. Trus lama2 air mancurnya ga pernah dihidupin lagi, meninggalkan kolam besar yang terbengkalai. Kemudian beberapa tahun yang lalu waktu taman monas di renovasi besar2an, air mancur Monas ini dibuat kembali. Dan hasilnya jauh…jauh banget lebih indah dari yang dulu.

Sekarang air mancurnya tidak hanya bergerak ke kanan dan ke kiri tp juga berputar, melompat dan membentuk beberapa formasi. Pergerakannya juga cukup bisa menyesuaikan dengan lagu yang diputer. Ditambah ada tatanan lampu warna warni yang berubah-ubah menyesuaikan gerakan. Selain itu pertunjukan air mancur joged ini juga ditunjang dengan sinar laser juga. Sayangnya karena dimensinya yang besar banget gw jadi kesusahan ngerekam atraksi air mancurnya. Jadinya gw cuma bisa ngasih liat beberapa fotonya aja.


Atau kalau mau lihat atraksinya bisa dibuka di link ini (klik aja). Di situs itu juga bisa diliat 7 dancing fountain terindah lainnya. Kalau menurut gw, dari klip yang ada di situs tadi, jelas dancing fountain di GrandIndo cuma bisa dikalahin oleh dancing fountain yang di Dubai.


Monas = Monumen Nasional bukan Museum Nasional

10 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

cocoknya elo jadi pelancong merangkap fotografer deh, krn elo rajin bgt mengambil gambar keunikan tempat2 yg elo kunjungi.

PURNOMO SHIDIQ "Faza Fauzi Akbar" said...

asyik dong...

salam kenal, ijin follow, follow balik juga boleh...

Call me Batz said...

sebenarnya sich air mancurnya biasa aja..tapi latarnya itu monas..so keliatan bagus dech..haha..

ocheholic said...

foto yg pojok kiri atas, great!
lumayan buat yg pada pengen malem mingguan gratis, kekekekee,

Aulawi Ahmad said...

oo ada sejarahnya ternyata ya bro hehe kirain istilah dari elo aja :) btw tq dah berbagi infona :)

Meutia Halida Khairani said...

eh, saya baru tau kalo di monas ada dancing fountain juga.. saya baru liat yg di grand indonesia.. kesana ahh...

Arman said...

nah kalo yang ini gua belum pernah liat... :D

exort said...

@fanny : maunya sih gitu, tunggu aja deh laporan jalan2 gw berikutnya

@sidiq : met kenal juga, sip, nt gw juga

@surya : emang waktu elo ke jkt elo liat langsung?

@oche : thanx bgt, byk loh yang malming gratisan disana

@aulawi : maunya sih gw yg bikin heheheh

@mutia : boleh tuh kl mau ngajak gw kesana :)

richoyul said...

besok penyanyi dangdut mesti ada yang punya julukan goyang air mancur, kan goyang ngebor,patah2 dll dah ga ngetrend lg heheh

Ersa said...

waah, dulu juga gw ngajak bokap nyokap buat ngeliatin air mancur di GI. sekarang di monas ada lagi ya? kewl.

Seandainya aja Air Mancur bisa goyang gergaji.