13 May, 2010

Dari Jawa Ke Melayu

Liburan nih. Mau ngapain ya enakan liburan sekarang? Mmmm…gimana kalau cari2 makanan aja ya?
Oiya minggu kemarin ini gw sempet makan makanan yg enak.

Dimulai pas makan siang. Gw ga mau makan yg rada beda pas liburan kali ini. Makanya gw makan pecel pincuk Kalibata. Pencel pincuk ini bener2 berasa makan pecel di desa2 di Jawa ditambah arung makan ini diset seperti warung2 di Jawa denagn pepohan yang rimbun didepannya. Pencel yang terdiri daun pepaya (kalau ga suka rasa pait, minta jangan dikasih yg ini), kacang panjang, toge, bayem, daun kemangi, serundeng disiram kuah kacang pedes2 manis plus peyek kacang yang renyah. Ga lupa pecel ini disuguhkan beralas daun seperti didesa2. Disini juga di jual berbagai gorengan seperti perkedel jagung, perkedel kentang, tahu, tempe dan berbagai sate2an seperti sate usus, atiample dan tidak ketinggal empal sebagai teman makan pecelnya. Untuk minumannya disini dijual juga minuman temulawak yang bisa membangkitkan nafsu makan. harga makanannya gw bilang murah. Seporsi pencel pincuknya cuma dihargai Rp 7000 aja. kalau mau mkan ini bisa dateng ke Kalibata, tepat diseberang makam pahlawan Kalibata Jakarta.

Malamnya gw mencari makanan yang bernuasa Melayu. Maka gwpun menuju ke bilangan Saharjo Jakarta Selatan. Gw mau makan martabak kubang. Gw sendiri sebenernya masih ragu apa ini emang makanan Melayu, Padang, atau Arab. Karena di resto ini selain martabak kubang tp juga dijual roti cane dengan kare ayam dan kare kambing. Martabak kubang sendiri sebenernya martabak telor yang didalamnya berisinya daging. Tapi dagingnya sendiri berasa ada karenya. Dan lapisan dagingnya sendiri tebaalll. Gw jamin dagingnya bukan basa basi. Biar lebih nikmat, potongan martabak ini dicelupin ke dalam makan berisi kuah kecap dicampur cuka plus irisan cabe (mgkn dari sini muncul nama martabak kubang). Biar harganya yang lumayan mahal, berkisar 20-50rb (tergantung ukuran martabaknya) tapi rasanya gw jamin enak tenan. Duh gw nulis ini aja uda bikin liur gw terbit….kebanyang renyahnya kulit martabaknya, empuknya lapisan dagingnya dan segarnya kuahnya….yummmy

Ada yang mau nraktir gw? :)

19 comments:

Call me Batz said...

hua...martabaknya gua mau banget tuh..dah kebayang rasanya nih..haha

Dimas said...

haduh, wisata kuliner nih,cuman bisa kebagian cerita ama gambar doank hue..hue... nasib2..

Artikel Internet Online said...

liburan dimanfaatkan dengan baik nih, muter2 nyari makanan yg maknyusss..

Aulawi Ahmad said...

kalau di palembang itu namanya martabak tambi atau har bro, disini 1 porsi cuma 8000, maknya ente kesini biar nanti ane traktir heheheh

pelangi anak said...

ikut mbayangin makanannya, soalnya dah dijelasin dengan detail sih....

exort said...

@surya : hrsnya pas disini elo nyobain itu

@dimas : makanya ikutan wisata kuliner yuk, muter2 sambil nyari makanan enak

@aulawi : masa jauh2 ke sana cuma dikasih makan martabak aja sih

@yulida : semoga ga ngiler ya hehehehe

Sang Cerpenis bercerita said...

aku sering lewatin tuh martabak kubang yg di Saharjo. kantorku dulu deket2 situ. eh, gak deket sih tapi aku sering lewat situ kalo pulang kantor.

tapi kalo daging kambing, gak suka nih. makanya gak pernah coba makan martabak itu.

kalo pecel wah..sukaaaa..tapi jauuuh bangeet. kalibata gitu lho...

Ellious Grinsant said...

waduuuuh, postingannya bikin gue laper... heheheh...

Arman said...

waaa pengen martabak telor!!!!

richoyul said...

oh pecel pincuk yah, wah klo pecel tuh sa;ah satu favoritku yang penting ga pake daun pepaya de. di tempatku ada yang murah tapi buanyak banget cuma 3000 duank, di jamin kenyang polll

Sang Cerpenis bercerita said...

empal? aduh, idung mengendus2 perut keroncongan...lapeer..tanggung jawab ya dikau...udah bikin gue laper malam2 gini.

exort said...

@fanny : kenapa ga mampir, kan dagingnya bukan daging kambing...ayo buruan cari makan mumung belom malam banget

@ellious : semoga monitornya ga elo makan ya

@arman : suruh ester bikin dong

@richo : gw demen tuh pake daun pepaya, kapan elo mau nraktir gw pecel pincuk murah meriah itu?

kesehaRian Ra-Kun said...

have a nice weekend :)

richoyul said...

wes tenang bro mampir ke tempatku, makanlah sepuasmu tar tak bookingke pecele khusus buat lo wes heheh

merry go round said...

hahaha...wisata kuliner di Jakarta nih :p

Ferdinand said...

Wah jadi laper nie mampir kesini hhe...

Pecel makanan Fav gw tapi tanpa daun pepaya hhe......

Kayanya semua yg diceritain enak tuh Sob....aduh pamit mau Off makan dulu aha haha.....

Zippy said...

Haduh..jadi laper deh.
Naksir berat sama pecel pincuknya.
Zzzzztt...

exort said...

@rian : u2

@richo : mmmm...jd pingin ke tempat elo

@rossa : yup

@ferdinan : met makan

@zippy : kalau naksir, pacarin aja hehehe

richoyul said...

boleh bro hajarrrrrr pokoe hahah, tak tunggu tapi bawa oleh2 klo ke t4ku. wajib hukumnya wkwkwk